Tim Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Djuanda (UNIDA) mengadakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema "Peningkatan Pendapatan KTH LBC Lestari, Desa Cileungsi, Kecamatan Ciawi Kabupaten Bogor Melalui Penerapan Teknologi Budidaya Lebah Madu Apis Cerana dan Penggemukan Domba." Acara ini berlangsung di Rumah Joglo Kampung Tapos, Desa Cileungsi, Kecamatan Ciawi, Bogor, pada Minggu, 30 Juni 2024.

 

Hadir seluruh tim PKM UNIDA, Dr. Ir. Ristika Handarini, MP sebagai Ketua Tim PKM, beserta Dr. Ir. Helmi Haris, M.S dan Indra Cahya Kusuma, S.E., M.Si sebagai anggota. Selain itu, turut ikut serta mahasiswa Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL), yakni Farras Fajria Rimadhani, Muhammad Abdiki Wicaksono, Rafika Kumalasari, Neng Siti Khodijah, dan Muhammad Husen Afifuddin. Anggota KTH LBC Lestari juga berpartisipasi aktif dalam acara FGD tersebut.



 

Dr. Ir. Ristika Handarini, MP selaku Ketua Tim PKM, menekankan pentingnya soliditas antara Tim PKM dan Anggota KTH LBC Lestari untuk mencapai kesuksesan program yang telah ditetapkan agar dapat dilaksanakan secara optimal dan tepat waktu. Ia juga menegaskan bahwa sinergi dan kerja sama yang kuat antara seluruh pihak yang terlibat merupakan kunci untuk mengatasi permasalahan yang ada dan memastikan bahwa tujuan program dapat tercapai dengan baik.

 

“Sehingga, harapannya melalui program ini dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat,” tuturnya.

 

Pada kesempatan yang sama, anggota Tim PKM Dr. Ir. Helmi Haris, M.S menyampaikan bahwa kegiatan PKM di KTH LBC Lestari bertujuan untuk memberikan sumber pendapatan tambahan bagi anggotanya, yang selama ini hanya mengandalkan penghasilan dari kegiatan sebagai pemandu wisata di sekitar kaki Gunung Pangrango.

 

“Inti utama kegiatan PKM ini adalah meningkatkan pendapatan anggota KTH LBC Lestari melalui pengembangan dan budidaya Lebah Madu Apis Cerana dan Trigona, serta penggemukan domba,” tuturnya.

 

Dr. Ir. Helmi Haris, M.S menambahkan, kegiatan ini memberikan dampak positif bagi masyarakat sejalan dengan mendukung Indeks Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi.

 

“Dengan dilaksanakannya kegiatan program PKM ini maka banyak manfaat yang dihasilkan, diantaranya bagi anggota KTH LBC Lestari serta masyarakat sekitarnya, ini merupakan kesempatan untuk bisa meningkatkan keterampilan dan pendapatan mereka. Bagi Perguruan Tinggi, kegiatan ini akan mendukung IKU 5, yaitu hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat.  Bagi Mahasiswa, dengan mengikuti kegiatan ini maka mereka dapat berkolaborasi dengan dosen untuk meningkatkan keterampilannya dan ini mendukung IKU 2, yaitu mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus,” ungkapnya.

 

"Sementara bagi Dosen, ini kesempatan berkegiatan di luar kampus untuk menerapkan hasil inovasinya, untuk mendukung IKU 3, yaitu dosen berkegiatan di luar kampus. Kemudian bagi Pemerintah Desa, ini berkesempatan meningkatkan Indeks Pendapatan Masyarakat, dan ini mendukung IKU 5, yaitu hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat,” sambungnya.