Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) Universitas Djuanda (UNIDA) terima kunjungan Kemendikbudristek dalam rangka Visitasi Implementasi Proyek Perubahan Penguatan Kapasistas Kepemimpinan Perguruan Tinggi (PKKPT) di Ruang Rapat Senat UNIDA pada Jumat (28/06/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Rektor UNIDA, Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, S.Pd.I., M.Pd.I beserta jajaran, Dekan FAIPG UNIDA, Dr. Zahra Khusnul Latifah, M.Pd.I., M.C.E beserta jajaran, Psikolog dari Tim Direktorat SDM Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), Fredrick Dermawan Purba, M.Psi., Ph.D., serta para Dekan dari tiap fakultas di UNIDA. 


Rektor UNIDA, Dr. Hj. R. Siti Pupu Fauziah, S.Pd.I., M.Pd.I pada sambutannya menyampaikan bahwa diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat bagi UNIDA.

“Alhamdulillah Kemendikbudristek bekerjasama dengan FAIPG UNIDA selenggarakan kegiatan yang sangat membantu para Dosen dalam mengembangkan kompetensi dan pembelajarannya. Semoga kegiatan ini dapat dimanfaatkan oleh para Dosen sehingga nantinya para Dosen dapat mengimplementasikan Kurikulum MBKM Berbasis OBE,” ungkapnya.

Tim Direktorat SDM Kemendikbudristek, Fredrick Dermawan Purba, M.Psi., Ph.D selaku narasumber menjelaskan bahwa sangat diperlukan kurikulum OBE ini karena menjadi persiapan berbagai akreditasi dan program studi di Indonesia termasuk program studi di UNIDA.

“Visitasi secara langsung ini didasarkan pada kelompok yang paling excellent karena dijadwalkan nanti kemungkinan di bulan Juli akan ada diseminasi. Jadi nanti kita akan diseminasi dan itu bisa dihadiri serta dilihat oleh dosen se-Indonesia. Jadi ini kesempatan untuk Dekan FAIPG menunjukkan kepada indonesia mengenai kurikulum berbasis OBE dan bisa menginspirasi bagi prodi-prodi lain diseluruh Perguruan Tinggi di Indonesia,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FAIPG UNIDA, Dr. Zahra Khusnul Lathifah, M.Pd.I., M.C.E menjelaskan terkait Penyelarasan Kurikulum MBKM Berbasis OBE pada Program Studi Kependidikan di Lingkugan FAIPG UNIDA. FAIPG UNIDA sudah menyusun proposal proyek perubahan dari bulan Desember tahun 2023, kemudian dilakukan review berulang oleh mentor, kemudian membuat timeline untuk pelaksanaan penyelarasan kurikulum sehingga program studi di FAIPG mendukung MBKM berbasis OBE.

“Visi dari proyek perubahan ini untuk penerapan good practice dalam pengembangan kurikulum sebagai acuan dalam pelakasnaan proses pembelajaran yang juga memiliki kontribusi terhadap terwujudnya IKU 1 dan IKU 2 dilingkungan FAIPG. Kemudian misinya adalah menghasilkan dokumen kurikulum prodi yang mendukung MBKM berbasis OBE. Diharapkan kegiatan ini memberikan impact terwujudnya konsep pembelajaran inovatif, adaptif, kolaboratif di FAIPG UNIDA khususnya pada prodi PGSD dan PBA,” ujarnya.