Badan Pengkajian dan Penerapan Tauhid (BPPT) Universitas Djuanda (UNIDA) kembali selenggarakan kegiatan rutin mingguan Majelis Tasbih di Majelis Baitul Hamdi (MBH) UNIDA pada Jumat, 28 Juni 2024. Kegiatan kali ini diisi oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNIDA, Dr. Rita Rahmawati, M.Si yang menyampaikan materi berjudul “Refleksi Ibadah Qurban Terhadap Peningkatan Iman dan Takwa”.




Dr. Rita Rahmawati, M.Si dalam paparan materinya menyampaikan urgensi mengenai ibadah qurban.

 

Untuk apa ibadah Qurban bagi kehidupan kita? Dalam ajaran Islam, berqurban berarti pengorbanan, rasa syukur dan ketaatan kepada Allah SWT. Seperti dalam kisah Nabi Ibrahim AS yang mengorbankan anaknya, tapi kita itu melalui harta,” terangnya.

 



Dalam Q.S. Al-Hujurat ayat 15 berbunyi “Sesungguhnya orang-orang mukmin yang sebenarnya adalah mereka yang beriman kepada Allah dan Rasulnya, kemudian mereka tidak ragu-ragu, dan mereka berjihad dengan harta dan jiwanya dijalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar”. 


“Sebaik-baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lain. Ketika berdoa meminta rizki, apakah untuk orang lain juga? Muslim tidak egois memikirkan untuk diri sendiri, tetapi peduli terhadap orang lain, seperti pada ibadah qurban ini, melatih kita bagaimana dapat peduli kepada sesama atau orang lain,” tegasnya.



 

Pemaparan lebih lanjut mengenai Refleksi Ibadah Qurban Terhadap Peningkatan Iman dan Takwa”. Materi yang disampaikan oleh Dr. Rita Rahmawati, M.Si ini dapat disimak kembali secara online melalui tautan berikut: https://www.youtube.com/watch?v=72zqqXEl8fY