humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Ajak Lebih Bijak dalam Menggunakan Media Digital, Kelompok 8 KKN FIPHAL UNIDA Gelar Seminar Cerdas di SMA Islam Al-Azhar 24 Boarding School Cigombong

Mahasiswa Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) Universitas Djuanda (UNIDA) yang tergabung dalam Kelompok 8 Kuliah Kerja Nyata (KKN) gelar Seminar Cerdas: Sikap Bijak Menggunakan Media Digital di SMA Islam Al Azhar 24 Boarding School Cigombong, Kabupaten Bogor pada Sabtu, 24 Agustus 2024.

Tujuan Seminar Cerdas ini diikuti oleh siswa/siswi SMA Al-Azhar 24 Boarding School Cigombong guna meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya menggunakan media digital secara bijak dan memberikan pemahaman mendalam kepada siswa tentang dampak positif dan negatif dari media digital, serta tips menggunakan media digital secara bijak agar lebih bermanfaat.

Guru SMA Islam Al Azhar 24 Boarding School, Rudi dalam sambutannya menyatakan bahwa dengan dilaksanakannya seminar ini diharapkan para siswa dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam kehidupan digital mereka sehari-hari, serta menjadi pengguna media digital yang lebih cerdas dan bertanggung jawab.

Perwakilan Kelompok 8 KKN FIPHAL UNIDA, Saudari Zunesha dalam paparan materinya menyampaikan bahwa penggunaan media digital harus dilakukan dengan sangat bijak karena selain memiliki pengaruh positif juga memiliki pengaruh yang negatif oleh karena itu agar bermanfaat baiknya selalu mencari dan menggunakan media digital untuk hal-hal positif. Media digital sendiri dapat menjadi cerminan karakter diri. Konten yang dikonsumsi dan dibagikan akan membentuk cara berpikir dan bersikap maka dari itu seminar mengenai media digital sangat penting dilakukan untuk mengedukasi masyarakat khususnya kaum muda agar lebih bijak menggunakan media digital.

“Tiga poin utama yang harusnya diperoleh dalam menggunakan media digital yaitu mencakup pengembangan karakter, keterampilan dan wawasan. Kemudian terdapat hal-hal yang perlu dihindari seperti penyimpangan, penyebaran berita hoax, penipuan online dan hal negatif lainnya di dunia digital,” ungkapnya

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab antara narasumber dengan peserta Seminar Cerdas.