humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Ajak untuk Bijak dalam Penggunaan Media Sosial, Mahasiswa Kelompok 4 KKN FIPHAL UNIDA Adakan Sosialisasi

Mahasiswa Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) Universitas Djuanda (UNIDA) yang tergabung dalam Kelompok 4 KKN gelar Sosialisasi Bijak Menggunakan Media Digital di SMP Negeri 1 Cijeruk, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor pada Kamis, 22 Agustus 2024.

Sosialisasi tersebut diisi langsung oleh perwakilan dari Kelompok 4 KKN FIPHAL UNIDA yaitu Elin Halimatus sa’diah, Diana Amelia dan Gayatri Zakiyyah yang bertujuan untuk meningkatkan literasi digital, mengajarkan etika dalam berinternet, serta memberikan panduan kepada masyarakat, terutama generasi muda mengenai cara memanfaatkan teknologi secara positif. Dengan wawasan dan kesadaran yang lebih baik dalam pemanfaatan teknologi, masyarakat diharapkan dapat menghindari risiko-risiko negatif dari penggunaan teknologi dan mampu memanfaatkannya secara produktif dan aman.

Ketua Kelompok KKN 4 Desa Cijeruk, Destila Mukreza dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan sosialisasi ini. Disini kita akan melakukan sosialisasi tentang bijak menggunakan media sosial yang dimana setiap orang terutama muda-mudi setiap hari menggunakan media sosial sehingga cara bijak menggunakannya sangat penting untuk disosialisasikan.

Elin Halimatus Sa’diah dalam paparannya media sosial sangat rentan terhadap hal-hal negatif jika dipergunakan tidak secara bijak. Ada pun prinsip media sosial adalah yaitu THINK. Yang dimaksud THINK yaitu True atau Benar, apakah info yang disampaikan memang tepat. Kemudian Helpful atau Berguna, media sosial digunakan untuk kebaikan. Lalu Ilegal yaitu pastikan konten tidak melanggar hak cipta. Dan Necessary atau Diperlukan yaitu tidak semua hal perlu diposting di media sosial serta Kind atau Ramah yaitu menyebarkan kebaikan di dunia maya melalui media sosial.