humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Atasi Permasalahan Hukum di Desa Pancawati, Kelompok 2 KKN Bina Desa FH UNIDA Gelar Konsultasi dan Layanan Bantuan Hukum

Kelompok 2 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Hukum (FH) Universitas Djuanda (UNIDA) gelar Pengabdian Kepada Masyarakat dengan membuka program Konsultasi dan Layanan Bantuan Hukum di Desa Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor pada Rabu, 24 Juli 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Non Akademik, R. Djuniarsono, S.H., M.H serta para Dosen ahli dalam bidang hukum yang sesuai untuk pelayanan dan konsultasi pada masyarakat di Desa Pancawati.

Wakil Dekan Bidang Non Akademik FH UNIDA, R. Djuniarsono, S.H., M.H dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Desa Pancawati yang sudah mendukung kegiatan KKN Bina Desa FH UNIDA ini. Pembukaan konsultasi dan layanan bantuan hukum di Desa Pancawati dalam rangka pengabdian kepada masyarakat pada KKN Bina Desa FH ini bertujuan dalam upaya penyelesaian berbagai masalah hukum yang terjadi di Desa Pancawati.

Sementara itu, Dosen FH UNIDA, Dr. Hj. Endeh Suhartini, S.H., M.H menambahkan bahwasanya sosialisasi, pelayanan hingga konsultasi hukum ini sangat perlu dilaksanakan karena masyarakat sangat membutuhkan hal tersebut yang dimana pada dasarnya sebagai manusia mulai dari lahir hingga meninggal dunia akan terus berhubungan dengan hukum.

“Kegiatan ini lahir dari banyaknya temuan kendala dalam bidang hukum yang terjadi di masyarakat seperti pengurusan tanah, hukum perkawinan dan lain-lain, maka dari itu dengan kegiatan ini membuktikan bahwa FH UNIDA siap membantu dalam berbagai penyelesaian masalah hukum di masyarakat serta masyarakat juga dipersilahkan untuk konsultasi mengenai perkuliahan di perguruan tinggi khususnya di FH UNIDA seperti tata cara pendaftaran hingga program beasiswa,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Perwakilan Perangkat Desa Pancawati, Dedi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada FH UNIDA yang telah melaksanakan KKN di Desa Pancawati dan terima kasih juga karena telah membuka pos pelayanan dan konsultasi hukum di Desa Pancawati. Semoga dengan kegiatan KKN ini dapat memberikan dampak positif dan meningkatkan pemahaman mengenai hukum masyarakat Desa Pancawati.