humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Buatkan NIB dan Logo Kemasan, Mahasiswa KKN FIPHAL UNIDA Tingkatkan Kuliatas UMKM Desa Tugujaya Kabupaten Bogor

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) Universitas Djuanda (UNIDA) adakan program Penguatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi para pelaku UMKM di Desa Tugu Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor pada Minggu, 4 Agustus 2024.

Penguatan UMKM di Desa Tugujaya sangat penting dilaksanakan karena melalui pembuatan NIB menjadi langkah strategis untuk meningkatkan daya saing UMKM di Desa Tugujaya khususnya. NIB sebagai identitas tunggal bagi setiap pelaku usaha memberikan sejumlah manfaat, seperti legalitas usaha, kemudahan akses permodalan, dan perlindungan hukum. Di Desa Tugujaya sendiri masih banyak yang tidak memiliki NIB sehingga program ini sangat bermanfaat bagi peningkatan UMKM di Desa Tugujaya.

Perwakilan Mahasiswa KKN FIPHAL UNIDA di Desa Pasirjaya, Ajriani Dainita menyatakan bahwa program penguatan UMKM ini dilakukan dengan membantu membuatkan NIB bagi pelaku UMKM sehingga UMKM telah diakui secara legal dan pembuatan logo pada kemasan produk sehingga memiliki kualitas kemasan yang lebih baik serta memiliki identitas yang jelas pada kemasannya.

Sementara itu, Entim selaku salah satu pelaku UMKM di Desa Tugujaya menyampaikan ucapan terima kasih kepada mahasiswa KKN FIPHAL UNIDA yang telah membantu menguatkan dan meningkatkan kualitas UMKM di Desa Tugujaya.

Dengan memiliki NIB ini, UMKM kami menjadi lebih baik dan dengan dibantu oleh para mahasiswa, produk kami jadi memiliki logo dan kemasan yang lebih bagus,” ujarnya.