humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Buka Pos Pelayanan dan Konsultasi Hukum di Desa Bantarjaya, Mahasiswa KKN Bina Desa FH UNIDA Lakukan Pengabdian Kepada Masyarakat

Kelompok 1 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Hukum (FH) Universitas Djuanda (UNIDA) selenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan mengadakan Pos Pelayanan dan Konsultasi Hukum di Desa Bantarjaya, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor pada Selasa, 23 Juli 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Rektor II UNIDA sekaligus Dosen FH UNIDA, Prof. Dr. Henny Nuraeny, S.H., M.H, Wakil Dekan Bidang Akademik FH UNIDA, Dr. Ani Yumarni, S.H.I., M.H, Wakil Dekan Bidang Non Akademik, R. Djuniarsono, S.H., M.H serta para Dosen ahli dalam bidang hukum yang sesuai untuk pelayanan dan konsultasi pada masyarakat di Desa Bantarjaya.

Wakil Dekan Bidang Akademik FH UNIDA, Dr. Ani Yumarni, S.H., M.H menyampaikan bahwa KKN ini merupakan program wajib bagi mahasiswa dan KKN Bina Desa juga memberikan pemerataan kesempatan bagi para Dosen FH UNIDA untuk terjun ke masyarakat dalam membantu menyelesaikan persoalam hukum di masyarakat malalui berbagai kegiatan dalam KKN seperti penyuluhan hukum, pos pelayanan dan konsultasi hukum.

“KKN Bina Desa juga tentunya untuk memenuhi Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi mengenai mahasiswa berkegiatan di luar kampus yang dimana pada saat ini disebar pada 3 desa di Kabupaten Bogor dan melibatkan seluruh Dosen FH UNIDA sesuai kompetensi dosen masing-masing. Kegiatan pelayanan dan konsultasi hukum ini tentunya berkelanjutan dimana masyarakat kedepannya bisa mengisi blanko konsultasli hukum yang disediakan FH UNIDA,” ungkapnya.

Sementara itu, Dosen Pembimbing KKN Bina Desa FH UNIDA Kelompok 1 Desa Bantarjaya, Hidayat Rumatiga, S.H.I., M.H menyatakan bahwa kegiatan Pos Pelayanan Hukum ini merupakan kegiatan yang bersifat langsung kepada masyarakat mengenai advokasi terhadap kebutuhan hukum masyarakat Desa Bantarjaya dan diharapkan dengan kegiatan ini dapat menyelesaikan persoalan hukum di masyarakat Desa Bantarjaya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kelompok 1 KKN Bina Desa FH UNIDA, Michele mengatakan bahwa pelayanan hukum ini meliputi kegiatan pelayanan hukum maupun konsultasi hukum. Dengan adanya Pos Pelayanan Hukum ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat terutama mengenai kemudahan dalam mengurus surat-surat administrasi dan dapat lebih meningkatkan pemahaman masyarakat terkait hukum.

“Dengan adanya mahasiswa FH UNIDA yang melakukan kegiatan KKN ini, diharapkan kedepannya masyarakat Desa Bantarjaya dapat lebih menjunjung tinggi soal pendidikan jika bisa dapat melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi dan disini juga kami mahasiswa KKN menyosialisasikan perihal UNIDA khususnya FH kepada masyarakat,” tuturnya.