humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Tim PKM UNIDA Latih Peternak Kambing Ciburayut Teknik Plasma dan Kloning Usaha Ternak

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Djuanda (UNIDA) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Hibah Bima menyelenggarakan kegiatan Pelatihan dan Pendampingan Plasma dan Kloning Usaha Ternak Kambing/Domba dalam Membangun Ekonomi Masyarakat di Desa Ciburayut Kabupaten Bogor pada Selasa, 10 Juni 2024.

Tim PKM di Desa Ciburayut terdiri dari Dosen FH UNIDA, Danu Suryani, S.Sos., M.H sebagai Ketua Tim PKM, Dosen Fakultas Peternakan (FAPERTA) UNIDA, Dr. Abdullah Baharun, S.Pt., M.Si selaku Anggota, Dosen Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) UNIDA, Andri Brawijaya, S.H.I., M.H serta Mahasiswa UNIDA yaitu Mahasiswa FH UNIDA, Agung Rohmadi dan Mahasiswa FAPERTA UNIDA, Asep Maman.

Pelatihan dan Pendampingan tersebut diikuti oleh 25 orang masyarakat Desa Ciburayut yang tertarik pada bidang peternakan kambing/domba dan bagi masyarakat Desa Ciburayut yang memiliki usaha ternak kambing/domba.

Ketua Tim PKM, Danu Suryani, S.Sos., M.H menyatakan bahwa harapan dari kegiatan PKM ini masyarakat dapat lebih mengembangkan usahanya khususnya di bidang peternakan kambing/domba dan bermanfaat juga bagi pelaksana PKM yang merupakan dosen tentunya akan sangat bermanfaat bagi penerapan keilmuan atau pemenuhan indikator kinerja utama, serta bagi mahasiswa kegiatan ini akan sangat bermanfaat untuk pengayaan keilmuan serta hasilnya akan direkognisi dalam SKS dalam perkuliahan.

"Kami ucapankan terima kasih kepada Pemerintah dalam hal ini melalui Hibah Bima Kemendikbudristek atas kepercayaannya kepada kami untuk dapat mengelola kegiatan ini. Semoga kegiatan PKM ini dapat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat terutama dalam pengembangan perekonomian melalui ternak kambing/domba," ungkapnya.

Pelatihan ini merupakan rangkaian dari PKM yang selanjutnya akan dilakukan dengan pendampingan bagi masyarakat yang akan mengembangkan ataupun membangun usaha ternaknya.