humas@unida.ac.id 0251-8240773
Berita

Dosen UNIDA Jadi Narasumber di Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor, Bagikan Tips dan Trik Lolos Hibah Dana Padanan

Dosen Program Studi Teknologi Pangan Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) Universitas Djuanda (UNIDA) sekaligus Kepala Biro Writing Center UNIDA, Aminullah, S.TP., M.Si, menjadi narasumber dalam Pelatihan Penulisan Proposal PKM di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bogor. Acara yang diselenggarakan pada Jumat (20/9/2024) ini mengangkat tema "Tips dan Trik Lolos Hibah Dana Padanan (Matching Fund)".

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Bidang Pengabdian kepada Masyarakat LPPM STP Bogor, Maidar Simanihuruk, SST Par., M.Pd., M.Par, yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan dari pelatihan ini ialah untuk memberikan wawasan kepada peserta tentang strategi memenangkan Hibah Dana Padanan Kemdikbudristekdikti RI.

Aminullah, S.TP., M.Si yang juga sebagai Evaluator Substansi dari Program Dana Padanan Kemdikbudristekdikti, menyampaikan beberapa poin penting, seperti perlunya memahami kriteria dan persyaratan program hibah secara mendetail sebelum mengajukan proposal.

Dalam paparannya, Aminullah, S.TP., M.Si menjelaskan bahwa proposal yang baik harus memiliki ide inovatif yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dan sejalan dengan prioritas pembangunan nasional.

Ia juga menekankan pentingnya kejelasan dalam penyusunan latar belakang, tujuan, metodologi, dan rencana implementasi program yang harus menunjukkan keberlanjutan program. Selain itu, Aminullah, S.TP., M.Si memberikan tips praktis tentang cara menyusun anggaran yang realistis dan efisien, serta pentingnya membangun kemitraan yang kuat dengan berbagai pemangku kepentingan.