humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

FAIPG UNIDA Terjunkan Mahasiswa KKN ke Desa Palasari Cijeruk, Bantu Program Peningkatan Bidang Pendidikan dan UMKM

Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) Universitas Djuanda (UNIDA) Bogor melakukan penyerahan mahasiswa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Palasari, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Acara penyerahan berlangsung pada Selasa, 23 Juli 2024, dan diterima langsung oleh Kepala Desa Palasari di kantor desa setempat.

KKN merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan empati dan kepedulian civitas akademika terhadap permasalahan riil yang dihadapi masyarakat, serta mendukung pembangunan berkelanjutan yang mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Megan Asri Humaira, M.Hum, menyatakan bahwa fokus utama KKN FAIPG UNIDA di Desa Palasari adalah pada bidang Pendidikan dan UMKM.

"Kami berharap pelaksanaan program KKN ini dapat memotivasi masyarakat akan pentingnya pendidikan sehingga mereka dapat menempuh pendidikan minimal sesuai dengan peraturan pemerintah 9 tahun wajib belajar," ujarnya. 

Sementara itu, Anne Effane, M.Pd, selaku DPL lainnya menambahkan, program KKN ini merupakan wujud nyata kontribusi UNIDA dalam pengembangan masyarakat dan diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan Desa Palasari.

"UMKM juga dapat membangun desa lebih maju. InsyaAllah, program KKN yang akan dilaksanakan oleh para mahasiswa ini juga salah satunya adalah UMKM Desa, sehingga program ini sejalan dengan program Desa Palasari," tuturnya.