humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

FEB UNIDA Lepas Mahasiswa PKM ke Desa Bojong Genteng Sukabumi, Bantu Kembangkan UMKM untuk Tingkatkan Pembangunan Desa

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Djuanda (UNIDA) adakan pelepasan mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) pada Rabu, 18 Juli 2024. Program PKM FEB UNIDA tahun ini mengusung tema "Empowering Independent Communities, Through Local Wisdom-based Innovation".

Program utama PKM FEB UNIDA tahun ini meliputi pendataan UMKM, pengembangan One Product One Village, dan implementasi sistem berkelanjutan. Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi calon sarjana yang mampu mengaplikasikan ilmu dalam pembangunan masyarakat, khususnya di daerah pedesaan.

Salah satu kelompok PKM FEB UNIDA, yaitu Kelompok 1, ditempatkan di Desa Bojong Genteng, Kabupaten Sukabumi, di bawah bimbingan Chandra Ayu Pramestidewi, S.Pt., MM sebagai Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Kelompok ini disambut baik oleh Kepala Desa Bojong Genteng, Yudi Wahyudi, ST, beserta jajaran pemerintah desa setempat.

"Di sini sektornya luas, ada berbagai macam ilmu. Pelajari semuanya, mulai dari hal-hal kecil. Nikmati apa yang dilakukan, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan,” tutur Kepala Desa Bojong Genteng Yudi Wahyudi saat menyambut Kelompok 1 PKM FEB UNIDA.

Adapun para mahasiswa akan tinggal di Desa Bojong Genteng mulai dari tanggal 18 Juli hingga 19 Agustus 2024. Melalui program ini, diharapkan mahasiswa dapat memperdalam pemahaman tentang cara berpikir interdisipliner, penerapan ilmu untuk kepentingan masyarakat, serta mengembangkan kemampuan sebagai motivator dan pemecah masalah dalam pembangunan desa.