humas@unida.ac.id 0251-8240773
Berita

FILKOM UNIDA Latih Critical Thinking Mahasiswa dan Calon Mahasiswa Optimalkan Pemanfaatan AI untuk Hasilkan Karya

Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Djuanda (UNIDA) selenggarakan “Pelatihan Pemanfaatan Mesin Pencarian Artificial Intelligence (AI)” yang dilaksanakan pada Senin, 5 Agustus 2024 di Lab Komputer, Gedung FILKOM UNIDA dan diisi oleh CEO PT. Matra Kreasi Mandiri, Yulia Mustika Wati, M.M.

Turut hadir Dekan FILKOM UNIDA, Ir. Himmatul Miftah, M.Si beserta jajarannya, dan diikuti para peserta pelatihan yang terdiri dari mahasiswa dan calon mahasiswa baru FILKOM UNIDA.

Dekan FILKOM UNIDA, Ir. Himmatul Miftah, M.Si dalam sambutannya menuturkan bahwa meskipun FILKOM merupakan fakultas termuda di UNIDA, namun memiliki banyak peminat. Kegiatan ini juga bertujuan sebagai perkenalan bagi calon mahasiswa FILKOM UNIDA agar dapat memanfaatkan dan mengenal AI sebagai teknologi untuk berkarya.

Materi pelatihan disampaikan oleh CEO PT. Matra Kreasi Mandiri, Yulia Mustika Wati, M.M dengan judul "Critical Thinking: untuk Optimalisasi dan Pemanfaatan & Pengembangan Aplikasi Artificial Intellegence".

Ia menjelaskan bahwa AI merupakan salah satu bidang keilmudian teknologi industri 4.0 dan merupakan salah satu ilmu yang sedang tren, hingga saat ini sedang dikembangkan AI untuk menambah kecerdasan atau IQ.

"Dengan Critical Thinking, kita bisa membuka cakrawala baru sehingga memiliki pembelajaran ilmu komputer yang lebih kaya dan sesuai dengan kebutuhan saat ini," ujarnya.

Selain membahas manfaat AI, Yulia Mustika Wati, M.M juga menyoroti dampak positif dan negatif dari teknologi ini. Ia menjelaskan bahwa AI dapat memudahkan akses ke berbagai hal, namun juga berpotensi mendisrupsi beberapa pekerjaan manusia.