humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

FIPHAL UNIDA Lakukan Monitoring dan Evaluasi, Pastikan Program KKN di Desa Cijeruk Berdampak Positif Bagi Masyarakat

Mahasiswa Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) Universitas Djuanda (UNIDA) yang tergabung dalam Kelompok 4 KKN gelar Monitoring dan Evaluasi Kegiatan KKN di Desa Cijeruk, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor pada Rabu, 14 Agustus 2024.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam upaya tujuan kegiatan monitoring dan evaluasi ini adalah untuk memastikan pelaksanaan program berjalan sesuai rencana, mengukur dampak serta hasil dari program terhadap pelaksanaan. Selain itu, monev juga bertujuan untuk mendapatkan umpan balik dari masyarakat guna meningkatkan kualitas program di masa depan.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN FIPHAL UNIDA Kelompok 4, Raden Siti Nurlaela, S.TP., M.TP dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan monitoring dan evaluasi ini sangat penting dilaksanakan agar KKN benar-benar terarah dan dapat memberikan dampak nyata pada masyarakat terutama yang berada di lokus KKN.

Sementara itu, Panitia KKN FIPHAL UNIDA yang diwakili oleh, Tiana Fitrilia, S.Pd., M.Si dalam sambutannya menuturkan bahwa untuk kegiatan pembuatan NIB, sudah berjalan dengan baik. Selain itu, peran serta tim dalam pembuatan label juga menunjukkan inisiatif yang positif. Kegiatan sosialisasi stunting di posyandu juga sudah tepat sasaran. Pelatihan abon lele juga merupakan langkah yang baik karena memanfaatkan sumber daya lokal.

“Semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan dan mendapat pembinaan dari fakultas. Selain itu, kegiatan mengajar ngaji juga merupakan bentuk sosialisasi yang positif kepada warga Desa Cijeruk,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kelompok KKN 4 Desa Cijeruk, Destila Mukreza dalam paparannya menyatakan bahwa KKN di Desa Cijeruk memiliki dua program kerja utama, yaitu pembuatan NIB (Nomor Induk Berusaha) dan sosialisasi stunting, serta inovasi produk berupa pelatihan pembuatan abon lele. Selain itu, terdapat program kerja tambahan seperti mengajar mengaji dan promosi fakultas yang semuanya dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan perencanaan.