humas@unida.ac.id 0251-8240773
Informasi

Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca

Oleh: Ruhimat, S.Sos, M.I.Kom (Kepala Biro Perpustakaan/Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Djuanda)

Tepat ditanggal 14 September 2024 jatuh pada hari Sabtu, diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan yang dimaksudkan untuk mengingat peran penting perpustakaan dalam kehidupan masyarakat, terutama dalam menyediakan sumber pengetahuan dan membantu kemajuan pendidikan serta literasi masyarakat. Tujuan dari hari kunjung perpustakaan ini yaitu untuk meningkatkan semangat literasi masyarakat dengan gemar melakukan kunjungan ke perpustakaan. Perpustakaan Universitas Djuanda (UNIDA) mengingatkan agar Insan UNIDA dapat memanfaatkan fasilitas termasuk berbagai macam koleksi, baik publikasi hardcopy ataupun koleksi digital.

Perpustakaan bukan hanya tempat menyimpan buku, akan tetapi merupakan salah satu sumber pengetahuan yang tak terbatas. Ini adalah tempat di mana orang dapat mendapatkan inspirasi, memperluas pengetahuan mereka, dan meningkatkan kemampuan kritis mereka. Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca sebagai simbol kebangkitan literasi dan Pendidikan di lingkungan kampus UNIDA maupun di Masyarakat pada umumnya.

Jika kita melihat dari Sejarah singkat Hari Kunjung Perpustakaan itu sendiri yang dikutip dari website Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menjelaskan, penetapan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca Nasional diprakarsai oleh Kepala Perpustakaan Nasional Pertama, Alm. Mastini Hardjoprakoso, dengan tujuan meningkatkan semangat literasi masyarakat dengan gemar melakukan kunjungan ke perpustakaan. Dan ini tercantum dalam Surat Nomor 020/A1/VIII/1995 tanggal 11 Agustus 1995. Surat itu menyarankan agar 14 September ditetapkan sebagai Hari Kunjung Perpustakaan.

Tujuan dari peringatan ini adalah untuk mendorong masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan dengan lebih sering dan meningkatkan minat baca. Perpustakaan UNIDA mengajak pegiat literasi dan pemangku kepentingan perpustakaan untuk berkontribusi kepada masyarakat dalam meningkatkan indeks literasi masyarakat Indonesia. Mari Insan UNIDA untuk berkunjung ke Perpustakaan Universitas Djuanda. Selamat hari kunjung Perpustakaan.