humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Ikut Kembangkan UMKM di Desa Cijeruk, Mahasiswa KKN FIPHAL UNIDA Buatkan NIB dan Label Produk

Mahasiswa Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) Universitas Djuanda (UNIDA) yang tergabung dalam Kelompok 4 Kuliah Kerja Nyata (KKN) adakan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Cijeruk, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor pada Sabtu, 3 Juli 2024.

Dengan memiliki NIB sebuah usaha diakui sah secara hukum, yang memungkinkan akses kepada berbagai izin dan fasilitas yang hanya tersedia bagi usaha legal. Pemerintah juga mendorong pembuatan NIB untuk UMKM guna mempermudah mereka dalam mengakses permodalan, pelatihan, dan fasilitas lainnya. Dengan kata lain, kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan UMKM di Desa Cijeruk baik dari segi legalitas maupun kualitas.

Ketua Koordinator Kelompok 4 KKN FIPHAL UNIDA, Destila Mukreza menyatakan bahwa diharapkan dengan adanya kegiatan pembuatan NIB bagi UMKM di Desa Cijeruk ini, para pelaku usaha dapat lebih mudah mengakses berbagai fasilitas dan program pemerintah, sehingga usaha yang dijalankan dapat berkembang lebih pesat dan terstruktur. Semoga kegiatan ini membawa manfaat yang besar dan menjadi awal yang baik untuk kerjasama di masa depan.

Sementara itu, Yayan selaku Ketua Kelompok Tani Desa Cijeruk sekaligus Pelaku UMKM menyampaikan ucapan terima kasih kepada para mahasiswa KKN FIPHAL UNIDA yang iku serta mengembangkan UMKM di Desa Cijeruk.

Kami sangat mendukung adanya program pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) ini. Sebelumnya, kami sempat mengalami kesulitan saat mencoba membuat NIB karena situsnya mengalami kendala teknis. Namun, dengan bantuan dari adik-adik mahasiswa KKN FIPHAL kelompok 4, akhirnya UMKM kami mendapatkan NIB,” ungkapnya.

Selain pembuatan NIB, dalam kegiatan tersebut juga menggelar pembuatan label bagi produk guna meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan oleh para UMKM di Desa Cijeruk.