humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Ikut Serta Rencanakan Pembangunan Tingkat Desa, Mahasiswa KKN FAIPG UNIDA Jadi Bagian Musyawarah Dusun di Desa Cibolang Sukabumi

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 21 Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) Universitas Djuanda (UNIDA) ikut serta dalam Musyawarah Dusun (Masdus) Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi untuk langkah awal menyusun RPJMD di Kantor Desa Cibolang pada Kamis, 25 Juli 2024.

Dalam Musdus tersebut, diikuti oleh Pemerintah Desa Cibolang bersama Kepala Dusun, Ketua RW/RT, tokoh masyarakat dan agama, serta perwakilan kelompok perempuan dan pemuda untuk mendiskusikan dan memetakan kebutuhan serta potensi di tingkat dusun. Mahasiswa KKN 2024 kelompok 21 turut berpartisipasi aktif sebagai fasilitator dan notulen untuk membantu kelancaran proses musyawarah serta mendokumentasikan hasil-hasil penting lainnya.

Hasil musyawarah tersebut akan dibahas lebih lanjut dalam Musyawarah Desa untuk menjadi dasar penyusunan RPJMD. Kegiatan Musdus ini diharapkan dapat memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa KKN dalam proses perencanaan pembangunan partisipatif di tingkat desa.