humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Inisiasi Program Petualangan Pertanian, Mahasiswa KKN FAPERTA UNIDA Ajak Siswa SDN Cisalada 01 Belajar Ekoprint

Mahasiswa Kelompok 7 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Djuanda (UNIDA) mengadakan kegiatan edukasi mengenai pertanian dan praktek Ekoprint pada siswa kelas 4 Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cisalada 01. Mengangkat tema “Petualangan Pertanian”, kegiatan dilaksanakan pada Senin, 26 Agustus 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan akan pentingnya menumbuhkan kesadaran terhadap lingkungan atau tanaman sejak dini dengan lebih mengenal pertanian serta mengajak anak-anak untuk membuat ekoprint melalui cara yang asik dan menyenangkan.

Intan, perwakilan kelompok 7 KKN FAPERTA selaku pemateri menyampaikan bahwasanya pertanian merupakan kegiatan mengolah lahan dan membudidayakan tanaman atau hewan untuk menghasilkan makanan, bahan baku, dan produk lain yang berguna bagi kehidupan sehari hari.

Pada kesempatan yang sama, Intan menjelaskan bahwa tanaman memerlukan beberapa komponen penting untuk tumbuh dengan baik, yaitu diantaranya cahaya matahari untuk proses fotosintesis, air untuk keberlangsungan hidup tanaman, nutrisi dari tanah seperti nitrogen, fosfor, kalium, serta berbagai mikroelemen. Selain itu, tanah juga perlu memberikan dukungan fisik bagi akar tanaman dan menyediakan nutrisi yang diperlukan, suhu yang sesuai, oksigen untuk proses respirasi, hingga kualitas udara.

Lebih jauh intan menjelaskan, salah satu manfaat tanaman yaitu diantaranya adalah dapat membantu dalam proses regenerasi tanah yang terdegradasi dengan meningkatkan kesehatan tanah dan mencegah erosi tanah serta tanaman juga mendukung berbagai ekosistem dengan menyediakan habitat bagi banyak spesies hewan dan mikroorganisme yang dimana keanekaragaman hayati ini sangat penting untuk kestabilan ekosistem.

Mudah-mudahan dengan pengenalan terhadap pertanian ini, anak-anak kelas 4 SDN Cisalada 01 dapat lebih sadar akan manfaat pertanian untuk kehidupan serta lingkungan dan mengajarkan bahwa pertanian itu adalah hal yang seru dan menyenangkan,” tuturnya.