humas@unida.ac.id 0251-8240773
Ketauhidan

Kajian Muslimah: Penerapan Nilai-Nilai Islam dalam Praktik Manajemen

Universitas Djuanda (UNIDA) kembali selenggarakan kegiatan rutin Kajian Tauhid Muslimah yang pada kesempatan kali ini diisi oleh Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNIDA, Erni Yuningsih, S.E., MM dengan tema “Penerapan Nilai-nilai Islam dalam Praktik Manajemen” di Masjid Baitul Hamdi (MBH) UNIDA pada Jumat, 27 Juli 2024.

Erni Yuningsih, S.E., MM dalam paparan materinya menyampaikan bahwasanya materi saat ini terdiri dari dua kata kunci yaitu nilai islam dan manajemen. Nilai-nilai islam adalah segala aturan atau kaidah yang bersifat baik dan semua itu sudah diatur oleh Allah SWT.

“UNIDA sendiri memiliki 21 Nilai karakter Tauhid dan itu nilai-nilai islam yang harus diimplementasikan oleh seluruh insan UNIDA,” ujarnya.

Sementara itu, manajemen adalah suatu alat untuk mencapai tujuan dengan menggunakan bantuan orang lain.

“Ketika berbicara tentang manajemen, maka manajemen ialah suatu ilmu, manajamen suatu seni dan manajemen suatu aktivitas,” terangnya.

Erni Yuningsih, S.E., MM menjelaskan, manajemen secara umum merupakan proses yang berkaitan dengan kegiatan Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. Oleh karena itu, hal ini membutuhkan kompetensi dan seni.

“Manajemen bukan hanya untuk organisasi namun juga untuk diri sendiri juga karena harus bisa me-manage diri sendiri untuk mencapai tujuan. Apa sebenernya tujuan hidup kita sebagai seorang muslim? tentu untuk beribadah kepada Allah SWT. Dalam beribadah tentu dibutuhkan penerapan manajemen agar tujuan dalam beribadah dapat tercapai,” ungkapnya.