humas@unida.ac.id 0251-8240773
Ketauhidan

Kajian Muslimah UNIDA: Etika Bisnis Rasulullah SAW

Universitas Djuanda (UNIDA) kembali menggelar kegiatan rutin Kajian Muslimah pada Jumat (2/8/2024) di Masjid Baitul Hamdi (MBH) UNIDA. Kajian kali ini mengangkat tema "Etika Bisnis Rasulullah SAW" yang disampaikan oleh Sudarijati, SE., M.Si, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNIDA.

Dalam paparannya, Sudarijati, S.E., M.Si menjelaskan definisi bisnis sebagai kegiatan yang melibatkan aktivitas produksi, penjualan, pembelian, atau pertukaran barang dan jasa dengan tujuan memperoleh keuntungan. Ia menekankan bahwa Al-Qur'an telah mengatur berbagai aspek kehidupan, termasuk bidang ekonomi.

"Al-Qur'an memuat beberapa ayat yang berkaitan dengan masalah ekonomi dan bisnis," ujanya.

Ia merinci ayat-ayat tersebut, di antaranya Surah Al-Jumu'ah ayat 9-10 tentang jual-beli, Surah Al-Baqarah ayat 275 tentang riba, dan Surah Al-Mutaffifin ayat 1-3 tentang berlaku adil dalam jual-beli.

Lebih lanjut, Sudarijati, S.E., M.Si menjelaskan konsep etika sebagai ilmu tentang nilai moral dan norma yang menjadi pedoman perilaku.

"Etika bisnis adalah pengetahuan tentang tata cara ideal pengaturan dan pengelolaan bisnis yang memperhatikan norma serta moralitas yang berlaku secara universal," jelasnya.

Mengakhiri kajiannya, Sudarijati, S.E., M.Si juga menekankan pentingnya meneladani etika bisnis Rasulullah SAW.

"Rasulullah SAW dikenal sebagai pedagang yang andal dan sangat jujur. Beliau memberikan petunjuk mengenai etika bisnis, antara lain kejujuran, amanah, tepat menimbang, tidak menimbun barang, tidak melakukan penipuan, dan mengutamakan saling menguntungkan," tutupnya.