humas@unida.ac.id 0251-8240773
Ketauhidan

Kajian Muslimah UNIDA: Pentingnya Produk Halal bagi Manusia

Universitas Djuanda (UNIDA) kembali gelar kegiatan rutin Kajian Muslimah yang pada kesempatan kali ini diisi oleh Dosen Sekolah Vokasi UNIDA, Tati Maryati, S.Si., MM dengan tema “Pentingnya Produk Halal bagi Manusia” di Masjid Baitul Hamdi (MBH) UNIDA pada Jumat, 6 September 2024.

Tati Maryati, S.Si., MM dalam paparannya menyampaikan bahwa sebagian besar orang mengetahui bahwa produk halal itu penting, karena halal yang senantiasa bersanding dengan kata Thoyyib yang disebutkan di dalam Al-Quran di surat Al-Baqarah, Al-Maidah, Al-Anam, Al Araf hingga berulang-ulang.

Kebanyakan muslim mengetahui bahwa produk halal itu penting bagi muslim saja, akan tetapi muslim yang mengetahui secara detail, membaca dan mengamalkan surat Al-baqarah Ayat 168 mengetahui bahwa produk halal itu penting untuk seluruh umat manusia.

Pertanyaan mengenai alasan Allah menginstruksikan untuk mengkonsumi atau menggunakan produk halal saja, tentu pertanyaan seperti ini sebenarnya tidak perlu dijawab dan itu merupakan hak prerogatif Allah SWT. Manusia bisa mencarikan alasan guna menjawab kepenasarannya. Seperti mencara alasan mengapa babi itu haram lalu dibuktikan bahwasanya ada cacing pita pada seekor babi. Penggemar babi sekarang punya strategi, babi-babi dipelihara di tempat yang bersih dan dipastikan misal tidak ada cacing pitanya lagi, namun hal tersebut tidak akan merubah isi Al-Quran mengenai keharaman dari babi.

Program Mandatory Halal beberapa kali mendapat resistensi oleh pelaku usaha dan ada pun pelaku usaha yang mendaftarkan sertifikasi halal biasanya dikarenakan adanya regulasi yang mengatur bukan datang dari diri sendiri. Hal tersebut dapat disebabkan karena perintah dari Allah SWT kepada semua manusia untuk mengkonsumi produk halal tidak disosialisasikan kepada semua manusia, tidak mengimplementasikan ketentuan Allah sebagaimana difirmankan didalam Al-Quran, tidak membaca Al Qur’an atau tidak memahami isi Al-Quran serta dasar agama yang kuat tidak dipupuk sejak dini.

“Sebagai khalifah, baiknya kita hidup mengikuti dan mengamalkan Al-Quran. Satu per satu semua yg diinstruksikan Allah kepada manusia, kita jalankan walaupun tantangannya besar, tidak apa-apa karena kita punya Allah Yang Maha Besar. Maka dari itu mari kita senantiasa berusaha untuk terus mengkonsumsi dan menggunakan produk halal karena hal tersebut perintah Allah SWT, baiknya sebagai muslim mengimplementasikan perintah dari Allah SWT untuk kebaikan kita semua,” ungkapnya.