humas@unida.ac.id 0251-8240773
Ketauhidan

Kajian Muslimah UNIDA: Wanita Sholehah yang Mencintai Allah dan Rasulnya

Universitas Djuanda (UNIDA) kembali gelar kegiatan rutin Kajian Muslimah yang pada kesempatan kali ini diisi oleh Tenaga Kependidikan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNIDA, Mutia Alfadila, S.I.Kom dengan tema “Wanita Sholehah yang Mencintai Allah dan Rasulnya” di Masjid Baitul Hamdi (MBH) UNIDA pada Jumat, 23 Agustus 2024.

Mutia Alfadila, S.I.Kom dalam paparannya menyampaikan bahwa kriteria Wanita sholehah adalah yang mencintai Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

“Bagaimana kita bisa mencapai kata cinta itu? Sehingga kita bisa merasakan atau melihat dengan hati serta dapat dicerminkan dengan lisan dan bahkan perbuatan,” ucapnya.

Perihal mencintai Allah SWT merupakan satu bagian dari tauhid yang merupakan hal pertama yang wajib bagi setiap muslim termasuk wanita. Hal ini sudah Allah tegaskan dalam Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 165.

“Dan diantara manusia ada orang-orang yang yang mengangkat tandingan-tandingan selain Allah, mereka mencintainya Sebagaimana mencintai Allah, adapun orang-orang yang beriman sangat cinta kepada Allah,” terangnya.

Maksud dari ayat tersebut, sebagai manusia termasuk wanita yang sholeha tentu diharuskan mencintai Allah SWT dengan cara senantiasa menjauhi setiap larangannya dan melaksankan segala perintahnya.

Bagi wanita yang mendatangkan cinta kepada Allah dan Rosulullah yaitu mencintai dengan hati, selalu berniat karena Allah dan senantiasa berprasangka baik. Lalu mencintai dengan lisan seperti dengan cara berzikir, menjaga lisan, biasakan menbaca Al-Quran dan bersalawat. Kemudian mencintai dengan perbuatan seperti dengan melaksanakan ibadah wajib, menjalankan sunah-sunah, berkumpul dengan wanita-wanita sholeha, menghormati orang lain, patuh terhadap suami, menjaga kehormatan serta senantiasa menutup aurat.