humas@unida.ac.id 0251-8240773
Ketauhidan

Kajian Rutin Ketauhidan Majelis Tasbih UNIDA, Bahas Kebijakan NKRI Terhadap Palestina dalam Perspektif Islam

Badan Pengkajian dan Penerapan Tauhid (BPPT) Universitas Djuanda (UNIDA) kembali menyelenggarakan kegiatan rutin mingguan Majelis Tasbih pada Jumat (2/8/2024) di Masjid Baitul Hamdi (MBH) UNIDA. Kegiatan ini menghadirkan Dr. Agus Suarman Sudarsa, Drs., M.Si, Dosen Program Studi Administrasi Publik Sekolah Pascasarjana UNIDA, yang menyampaikan materi berjudul "Kebijakan NKRI soal Palestina dalam perspektif Islam".

Dalam pemaparannya, Dr. Agus Suarman Sudarsa, Drs., M.Si menyoroti perbedaan sikap di kalangan elit politik Indonesia terkait konflik Israel-Palestina.

"Kita melihat perbedaan pandangan, misalnya antara fatwa MUI yang mengharamkan produk-produk terafiliasi dengan Israel, sementara pemerintah cenderung bersikap permisif," ujarnya.

Dr. Agus Suarman Sudarsa, Drs., M.Si menekankan pentingnya sikap negara dengan mayoritas Muslim yang sejalan dengan konstitusi.

"Para pendiri bangsa mencantumkan secara tekstual dan tegas bahwa NKRI didirikan dengan tujuan untuk membebaskan bangsa-bangsa di dunia dari penjajahan," jelasnya.

Lebih lanjut, Dr. Agus menjelaskan posisi Palestina sebagai wilayah yang memiliki signifikansi religius bagi umat Islam.

"Palestina merupakan salah satu Kota Suci umat Islam dengan keberadaan Masjid Al-Aqsa yang diabadikan dalam Al-Quran terkait peristiwa Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW," tambahnya.

Pemaparan lebih lanjut mengenai “Kebijakan NKRI soal Palestina dalam perspektif Islam”. Materi yang di sampaikan oleh Dr. Agus Suarman Sudarsa, Drs., M.Si ini dapat disimak kembali secara online melalui tautan berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=r1IE7FWUqaQ