humas@unida.ac.id 0251-8240773
Berita

Kajian Tauhid Muslimah UNIDA: Makanan Fungsional dalam Al-Quran

Kegiatan rutin Kajian Tauhid Muslimah kembali diselenggarakan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Tauhid (BPPT) Universitas Djuanda (UNIDA), Jum’at, 12 Juli 2024 di Masjid Baitul Hamdi (MBH). Pada kesempatan kali ini, Dosen Sekolah Pascasarjana Dr. Ir. Mardiah, M.Si menjadi narasumber dengan memaparkan materi berjudul “Makanan Fungsional dalam Al-Qur’an”.

Dr. Ir. Mardiah, M.Si di awal pemaparannya menyampaikan kajian tentang makanan bermutu menjadi salah satu kajian yang banyak diperhatikan dalam Al-Quran. Hal ini didasari karena makanan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kehidupan, makanan dijadikan sebagai pemelihara kehidupan semua makhluk yang diciptakan Allah SWT di permukaan bumi.

Namun, seiring dengan perkembangan zaman, berkembang pula kebutuhan manusia akan makanan-makanan yang sesuai dengan lidah dan kebutuhan masing-masing orang. Sehingga muncul aneka macam makanan yang bukan hanya dapat memelihara kesehatan saja, melainkan dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit yang cukup membahayakan.

Allah SWT sudah mengingatkan mengenai menjaga makanan dalam Al-Qur’an Surat Abasa ayat 24 yang artinya “Maka hendaklah manusia itu memperhatikan makanannya”.

Dalam pandangan Islam, makanan yang sangat penting bagi kehidupan karena dapat mempengaruhi perkembangan jasmani dan rohani. Adapun makanan halal dan haram sudah diatur, seperti dalam Q.S. Al-Baqaroh ayat 168, 172 dan 173, 219. Kemudian QS Al-Maidah ayat 3, 88, 90 dan 91.

Di dalam Al-Quran juga terdapat pembahasan mengenai buah-buahan, minuman sampai sayur-sayuran yang bermutu, bergizi, baik bagi daya tahan tubuh manusia dalam menjalani ibadah sehari-hari. Makanan yang halal dan thoyyib, akan juga mempengaruhi diterima atau tidaknya amal ibadah tersebut.

Pemaparan mengenai “Makanan Fungsional dalam Al-Quran” secara lebih jelas oleh Dr. Ir. Mardiah, M.Si dapat disaksikan kembali melalui live streaming di instagram @unida_bogor, atau dengan klik link pranala berikut:

https://www.instagram.com/reel/C9T6OWSysiT/?igsh=bXMycmU0dWloYno2