humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Kelompok 4 KKN FIPHAL UNIDA, Sosialisasikan Pencegahan Stunting dan Pendampingan Legalitas Halal UMKM

Kelompok 4 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) Universitas Djuanda (UNIDA) gelar Pengabdian Kepada Masyarakat dengan menyosialisasikan pencegahan stunting dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat Desa Cijeruk dan pendampingan legalitas halal UMKM di Desa Cijeruk, Kabupaten Bogor pada 29 Juli 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Raden Siti Nurlaela, A.Md.Ak., S.T.P., M.T.P, hingga Sekretaris Desa dan Ketua UMKM Desa Cijeruk.

Raden Siti Nurlaela, A.Md.Ak., S.T.P., M.T.P selaku DPL Kelompok 4 mengucapkan banyak terima kasih kepada Kepala Desa Cijeruk dan berharap kegiatan KKN dan program yang akan dijalankan selama melaksanakan KKN ini bisa membawa kebaikan dan manfaat bagi warga setempat.

“Kami dari FIPHAL UNIDA merasa terhormat dapat melaksanakan KKN di Desa Cijeruk. Kami berharap program KKN ini dapat memberikan manfaat dan kontribusi positif bagi Desa Cijeruk, sejalan dengan salah satu bagian dari Pancadarma Pendidikan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. InsyaAllah, tujuan KKN ini akan membawa kebaikan bagi semuanya,” ujarnya.

“Program utama KKN Kelompok 4 meliputi penanganan stunting melalui kegiatan di posyandu dan pendampingan UMKM dalam mengurus sertifikat halal untuk produk pangan. Semoga kegiatan KKN ini dapat berkelanjutan dan menjadi salah satu desa binaan Fakultas Ilmu Pangan Halal UNIDA,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Perwakilan Perangkat Desa Cijeruk, Suhendi mengucapkan selamat datang kepada tim program KKN dan berpesan mudah-mudahan para mahasiswa dapat nyaman selama menjalankan program KKN disini.

Sementara itu, Destila Mukhreza selaku Ketua Kelompok 4 KKN dalam sambutannya menyampaikan bahwa sejak bulan Oktober, semua UMKM diharuskan memiliki sertifikat halal. Oleh karena itu, para mahasiswa KKN akan membantu proses pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) dan mendaftarkan UMKM untuk sertifikat halal jika masih ada kuota yang tersedia. Disisi lain kelompok 4 KKN FIPHAL juga akan menjalankan program terkait dengan cara pencegahan stunting dan pentingnya kesehatan anak, terutama anak-anak di Desa Cijeruk.