humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Kembangkan Potensi Lokal, Mahasiswa KKN FAIPG UNIDA Bantu Tingkatkan Pertumbuhan UMKM Desa Cibolang Sukabumi

Mahasiswa Kelompok 21 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) Universitas Djuanda (UNIDA) adakan Program Sosialisasi Komprehensif Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Simping Desa Cibolang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi pada Kamis, 8 Agustus 2024.

Simping sendiri merupakan makanan ringan tradisional berbahan dasar Tepung Tapioka, merupakan produk lokal yang memiliki potensi besar di Desa Cibolang namun menghadapi kendala dalam pengembangannya sehingga kegiatan sosialisasi ini sangat penting untuk mendorong peningkatan UMKM Simping di Desa Cibolang.

Kegiatan sosialisasi komprehensif peningkatan UMKM ini berutujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap produk simping lokal, meningkatkan kualitas produk simping yang dihasilkan UMKM setempat, membantu pelaku UMKM Simping dalam mengadopsi strategi pemasaran digital, meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan pelaku UMKM Simping, mendorong pertumbuhan ekonomi lokal melalui pengembangan UMKM Simping, serta menciptakan jaringan yang kuat antara pelaku UMKM Simping, pemerintah daerah, dan akademisi.

Dede Sopyandi selaku Ketua Kelompok 21 KKN FAIPG UNIDA menyatakan bahwasanya program ini diharapkan dapat memberikan dampak signifikan bagi pengembangan UMKM Simping dan juga dapat membantu meningkatkan kualitas produk, kemampuan pemasaran, serta pengelolaan keuangan para pelaku UMKM Simping. Dengan begitu pelaku UMKM dapat mengembangkan usahanya secara lebih efektif dan berkelanjutan.

Dengan berkembangnya UMKM Simping, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi pertumbuhan ekonomi lokal,” ungkapnya.