humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Kembangkan Produk Olahan Lele, Mahasiswa KKN FIPHAL UNIDA Dampingi Warga Desa Cijeruk Pembuatan Abon Lele

Kelompok 4 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) Universitas Djuanda (UNIDA) selenggarakan Pelatihan Pembuatan Abon Lele di Desa Cijeruk, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor pada Minggu, 4 Agustus 2024.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan produk yang dihasilkan dari para peternak lele di Desa Cijeruk karena di Desa Cijeruk sendiri banyak terdapat peternakan lele yang dimana produk yang dihasilkan hanya menjualnya secara langsung atau digoreng saja sehingga abon lele menjadi alternatif untuk mengembangkan usaha serta inovasi untuk meningkatkan nilai ekonomi atau nilai jual dari produk lele di Desa Cijeruk.

Ketua Koordinator Kelompok 4 KKN FIPHAL UNIDA, Destila Mukreza menyampaikan bahwasanya alasan mengapa program inovasi dalam KKN ini mengangkat produk ikan lele karena di desa ini banyak yang beternak lele, tapi biasanya hanya dijual dalam keadaan mentah yang dimana harga di pasar cukup rendah sehingga butuh produk inovasi maka program ini membuat abon ikan lele untuk meningkatkan nilainya. Selain itu, ikan lele juga tinggi akan kandungan omega-3 yang berkaitan dengan pencegahan stunting.

Sementara itu, Yayan selaku Ketua Kelompok Tani Desa Cijeruk dalam sesi wawancara menyampaikan ucapan terima kasih karena telah melaksanakan KKN di Desa Cijeruk terutama dalam pelatihan pembuatan abon ikan lele ini yang dimana memang di Desa Cijeruk kurangnya olahan dari ikan lele yang padahal ini menjadi potensi daerah disini. Dengan dibuatnya menjadi abon tentu dapat menambah nilai ikan lele dan dapat disukai oleh semua kalangan.

Pada kesempatan yang sama, Susi selaku peserta dalam sesi wawancara mengatakan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat karena warga jadi tahu bagaimana mengolah ikan lele jadi abon.

Terimakasih untuk mahasiswa KKN FIPHAL UNIDA dengan sosialisasi ini, kita semua jadi tahu kalau ikan lele tidak hanya digoreng, bisa juga dijadiin abon lele. Biasanya orang yang tidak suka dengan ikan lele itu karna rasa ikan lele yang amis, setelah dijadikan abon lele jadi tidak ada rasa amisnya sehingga ini tentu menambah kualitas produk lele di Desa Cijeruk,” ujarnya.