humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Kenalkan Pertanian Sejak Dini, Mahasiswa KKN FAPERTA UNIDA Ajarkan Anak PAUD Bercocok Tanam

Mahasiswa Kelompok 1 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Djuanda (UNIDA) mengadakan kegiatan pengenalan pertanian sekaligus praktik penanaman toge untuk anak-anak PAUD Aster di Desa Citeko, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor pada Kamis, 15 Agustus 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pertanian sejak usia dini.

Acep Daris selaku Ketua Kelompok 1 KKN FAPERTA UNIDA di Desa Citeko memberikan pemaparan tentang pentingnya sektor pertanian.

"Pertanian berasal dari tangan kita untuk kita dan untuk negeri kita. Apa yang kita tanam adalah apa yang akan kita makan. Siapa yang memberikan kehidupan ialah yang menghidupkan tanaman. Dan pentingnya pertanian adalah hal penting yang harus kita pelajari sejak dini karena makanan tidak mengenal usia," ujar Acep dalam paparannya.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa KKN FAPERTA UNIDA berharap anak-anak PAUD Aster di Desa Citeko dapat lebih sadar akan manfaat pertanian untuk kehidupan serta lingkungan.

"Kami ingin mengajarkan penanaman sejak dini agar kesadaran terpupuk dari sejak kecil," tambah Acep.

Setelah pemaparan, kegiatan dilanjutkan dengan praktik penanaman toge yang dipandu oleh Arjuna Rimba Asmara, anggota kelompok KKN. Anak-anak PAUD Aster diajak untuk menanam toge menggunakan media gelas plastik dan kapas.

Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari peserta. Sabil, salah satu anak PAUD Aster, mengungkapkan keseruannya belajar tentang penanaman toge bersama kakak-kakak mahasiswa KKN FAPERTA UNIDA.