humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Kunjungi Balai Inseminasi Buatan Lembang, Prodi Peternakan FAPERTA UNIDA Inisiasi Kerjasama dalam Bidang Pendidikan dan Penelitian

Program Studi (Prodi) Peternakan Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Djuanda (UNIDA) kunjungi Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang. Kunjungan dilakukan oleh Ketua Prodi Peternakan FAPERTA UNIDA, Dewi Wahyuni, S.Pt., M.Si, Sekretaris Prodi Peternakan FAPERTA UNIDA, Ikhsan Qodri Pramartaa, S.Pt., M.Si serta perwakilan dosen, Dr. Abdullah Baharun, S.Pt., M.Si serta drh. Annisa Rahmi, M.Si pada pada Senin, 2 September 2024.

Dewi Wahyuni, S.Pt., M.Si dalam sambutannya meyampaikan ucapan terima kasih kepada BIB Lembang telah bersedia memberikan kesempatan kepada mahasiswa Prodi Peternakan untuk melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Mahasiswa. Diharapkan silaturahmi akan terus terjalin dan dapat lebih banyak melakukan kegiatan yang bersifat kerja sama seperti Program Magang, Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), penelitian bagi dosen maupun untuk tugas akhir mahasiswa.

“Kami juga mengajak bapak dan ibu pegawai BIB lembang yang ingin menempuh studi lanjut Sarjana Peternakan untuk mengkuti program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Program ini merupakan pengakuan atas capaian pembelajaran yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal dan untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu sehingga dapat lulus dengan lebih cepat,” ungkapnya.

Sementara itu, Faizar Ismail selaku perwakilan dari BIB Lembang menyambut dengan senang kunjungan dari Prodi Peternakan FAPERTA UNIDA dan mengucapkan terima kasih karena telah mempercayai BIB Lembang sebagai tempat untuk melaksanakan KKL mahasiswa.

“BIB Lembang memiliki banyak produk dan layanan yang bisa dimanfaatkan oleh FAPERTA UNIDA khususnya untuk melaksanakan magang dan praktek mahasiswa, bimbingan teknis, konsultasi peternakan, sertifikasi kompetensi dan wisata pendidikan. Dengan semua program yang ada di BIB Lembang, kami siap untuk bekerjasama dengan Prodi Peternakan UNIDA terutama untuk bidang Pendidikan dan penelitian,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Yuri Gagarin selaku mahasiswa yang melaksanakan KKL di BIB Lembang menyampaikan bahwasanya banyak ilmu yang diperoleh saat melaksanakan KKL di BIB Lembang.

“Kita diarahkan untuk praktik pada setiap unit yang tersedia, sehingga bisa mendapatkan pengalaman praktik yang lebih dengan pembimbing yang sangat kompeten maka dari itu sudah sebaiknya agar dapat terus dijalin dan dikembangkan kerja sama antara Prodi Peternakan FAPERTA UNIDA dengan BIB Lembang untuk meningkatkan dan mengembangkan FAPERTA UNIDA khususnya Prodi Peternakan,” ujarnya.