humas@unida.ac.id 0251-8240773
Berita

Mahasiswa FISIP UNIDA Jadi Narasumber Seminar SPENDA Teater, Bantu Asah Talenta Siswa SMPN 2 Cicurug untuk Temukan Potensi Diri

Mahasiswa Sains Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA), Anna Nur Aulia menjadi narasumber dalam seminar bertemakan “Peta Talenta, Pentingnya Menemukan Potensi Diri” yang diselenggarakan oleh SPENDA Teater, SMP Negeri 2 Cicurug pada Kamis, 8 Agustus 2024 di Ruang Kelas SMP Negeri 2 Cicurug.

Anna Nur Aulia merupakan mahasiswa yang berprestasi dalam seni teater dan film, serta terpilih sebagai Mojang Parigel dalam Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi.

Dalam kegiatan seminar ini, Anna Nur Aulia membawakan materi berjudul “Generasi Z Petakan Talenta, Temukan Diri”.

Anna Nur Aulia menuturkan, talenta merupakan bakat atau kemampuan alami yang dimiliki oleh seseorang yang memungkinkan mereka untuk melakukan sesuatu dengan baik. Lebih lanjut, Anna Nur Aulia mengajak para siswa SMP Negeri 2 Cicurug untuk mengetahui perbedaan serta mengenali minat dan bakat.

Bakat adalah kemampuan atau keterampilan yang dimiliki seseorang, sedangkan minat adalah ketertarikan atau keinginan yang kuat terhadap suatu aktivitas atau bidang tertentu,” terangnya.

Anna Nur Aulia kemudian menjelaskan bahwa minat dan bakat dapat dikenali dengan mengamati hal yang disukai dan dikuasai, bergaul dengan kelompok yang positif dan tidak membandingkan diri dengan orang lain.

Mengembangkan talenta bisa dilakukan dengan menghilangkan rasa malas, berencana dan aksi, belajar dan mengembangkan keterampilan, membangun relasi yang luas dalam minat, dan mengevaluasi dan menyesuaikan diri,” tuturnya.

Seseorang akan selalu menghadapi tantangan dalam mengembangkan talenta, tantangan tersebut seperti kurangnya waktu, ketidakpastian, dan rendahnya kepercayaan diri, tetapi tantangan itu bisa diatasi dengan manajemen waktu yang baik, dukungan dari dari orang terdekat, dan konsisten dalam berusaha,” sambungnya.