humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Mahasiswa KKN FAIPG UNIDA Ajak Siswa SDN 3 Gunung Guruh Terapkan P5 Gaya Hidup Berkelanjutan dengan Memilah dan Mengolah Sampah

Mahasiswa Kelompok 16 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) Universitas Djuanda (UNIDA) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi P5 Gaya Hidup Berkelanjutan dengan fokus pada pemilahan dan pengolahan sampah di SDN 3 Gunung Guruh, Sabtu (3/8/2024). Acara yang mengusung tema "Mencetak Generasi Bangsa Cerdas, Cerah, dan Juara" ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran siswa akan pentingnya pengelolaan sampah melalui pemilahan dan daur ulang.

Kepala Sekolah SDN 3 Gunung Guruh, Yanthi Karteria S.S M.Pd., menyambut baik inisiatif ini.

"Kami berharap melalui sosialisasi ini, siswa-siswi dan dewan guru bisa memilah serta mengolah sampah menjadi barang yang dapat digunakan kembali, serta membangun kesadaran dan kreativitas untuk bijak dalam mengelola sampah," ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, siswa diajarkan cara memilah sampah organik dan anorganik, serta dilatih untuk mendaur ulang sampah anorganik menjadi barang berguna, seperti tempat sampah. Yusup Drajat dan Tita Nurasyifa, mahasiswa KKN yang menjadi narasumber, menekankan pentingnya keterampilan praktis dalam pengelolaan sampah.

Dzulkifli Sabiq, salah satu perwakilan mahasiswa KKN, menyatakan, bahwa program ini merupakan respons terhadap meningkatnya masalah lingkungan akibat sampah yang terus bertambah dan kurangnya kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah. Selain bertujuan untuk mengurangi jumlah sampah, kegiatan ini juga mendorong kreativitas serta mengembangkan karakter peduli lingkungan dan bertanggung jawab di kalangan siswa.

"Melalui kegiatan ini, kita berharap dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai teknik-teknik pemilahan sampah yang tepat, serta mendorong semua pihak untuk berkomitmen pada gaya hidup berkelanjutan," tuturnya.