humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Mahasiswa KKN FAIPG UNIDA Bantu Perbaikan Irigasi di Desa Cibentang untuk Tingkatkan Produktivitas Sektor Pertanian

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) Universitas Djuanda (UNIDA) kembali menunjukkan komitmen untuk berkontribusi dalam pembangunan masyarakat dengan melaksanakan program kerja perbaikan irigasi di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, pada Minggu (11/08/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk memaksimalkan perairan di sektor pertanian dan mendukung peningkatan produktivitas pertanian masyarakat setempat.

Ketua KKN FAIPG UNIDA di Desa Cibentang, Ravi Raya menyampaikan bahwasanya kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mahasiswa KKN untuk membantu masyarakat dalam mengatasi tantangan yang dihadapi di sektor pertanian, yaitu kurangnya pasokan air irigasi yang memadai selama musim tanam.

Mudah-mudahan dengan perbaikan irigasi ini, petani di Desa Cibentang dapat menikmati hasil yang lebih baik dan kesejahteraan mereka dapat meningkat,” ujarnya.

Selain perbaikan saluran irigasi, mahasiswa KKN juga memberikan sosialisasi mengenai pentingnya pemeliharaan sistem irigasi secara berkelanjutan dan teknik penggunaan air yang efisien.

Pemerintah Desa Cibentang, Empung Kurniawan mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh mahasiswa KKN FAIPG UNIDA. Hal ini akan sangat membantu para petani di Desa Cibentang dalam mengelola lahan mereka.

Adanya perbaikan irigasi ini, diharapkan distribusi air ke lahan pertanian dapat lebih merata dan efektif, sehingga tanaman dapat tumbuh dengan optimal dan hasil panen meningkat,” tuturnya.