humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Mahasiswa KKN FAIPG UNIDA Bentuk PIK-R di Desa Cigombong Sebagai Pusat Konseling dan Edukasi Bagi Remaja

Mahasiswa Kelompok 3 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) Universitas Djuanda (UNIDA) adakan kegiatan sosialisasi pembentukan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) pada Minggu (28/7/2024) bertempat di Rumah Ketua Karang Taruna Kampung Bata Alam, Desa Cigombong, Kabupaten Bogor. Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh Mahasiswa KKN, Ketua Karang Taruna dan Remaja Kampung Bata Alam.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja yang bertujuan untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang konseling remaja. Melalui kegiatan ini, anak-anak remaja diperkenalkan dengan pentingnya PIK-R dan layanan yang disediakan dengan upaya untuk memperkenalkan dan mengedukasi masyarakat terutama remaja tentang pentingnya PIK-R dan layanan yang disediakan.

Selain itu, kegiatan sosialisasi PIK-R juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan PIK Remaja dalam mengembangkan materi dan isi pesan Program GenRe, serta meningkatkan minat remaja untuk aktif dalam kegiatan dan pengelolaan PIK Remaja terutama dalam meningkatkan kreativitas, produktivitas, dan kesadaran lingkungan.

Melalui kegiatan ini, diharapkan remaja dapat memperoleh pengetahuan dan pemahaman yang lebih baik tentang kesehatan reproduksi, penyiapan kehidupan berkeluarga, serta masalah-masalah yang dihadapi oleh remaja serta dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang kesehatan reproduksi, penyiapan kehidupan berkeluarga dan masalah-masalah yang dihadapi oleh remaja.