humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Mahasiswa KKN FAIPG UNIDA di Desa Sirnaresmi Upayakan Generasi Sehat Cegah Stunting Melalui Program Tinggiceting

Kelompok 15 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) Universitas Djuanda (UNIDA) menggelar Program Tingkatkan Gizi Cegah Stunting (Tinggiceting) di Posyandu Melati 9, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi pada 7 Agustus 2024.

Program ini bertujuan untuk membangun generasi sehat dan meningkatkan kesadaran serta kepedulian masyarakat terhadap pertumbuhan anak guna mencegah stunting.

Penyuluhan mengenai stunting ini dipimpin dan diisi oleh Ketua Kelompok 15 KKN FAIPG UNIDA, Dandi Hermawan. Dalam penyuluhan tersebut, Dandi Hermawan menjelaskan bahwa stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang. Beberapa penyebab stunting yang dijelaskan antara lain kurangnya asupan gizi pada ibu hamil dan menyusui, tidak terpenuhinya ASI eksklusif, serta pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) yang tidak optimal.

Upaya pencegahan yang disarankan meliputi konsumsi makanan bergizi seimbang, rutin memantau tinggi dan berat badan anak di Posyandu, serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kader Posyandu, Sri Wangsih menyatakan bahwa stunting merupakan kondisi di mana pertumbuhan anak terganggu sehingga tinggi badannya lebih pendek dibandingkan anak-anak seusianya. Sehingga perlu upaya ekstra bagi orang tua untuk terus memantau kondisi anak sehingga angka stunting bisa ditekan dan dicegah.

Selain penyuluhan, Mahasiswa KKN FAIPG INIDA juga memberikan PMT berupa bubur kacang hijau setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pemberian vitamin A kepada anak-anak. Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemantauan pertumbuhan anak yang dilakukan oleh kader Posyandu bersama dengan Mahasiswa KKN FAIPG UNIDA.