humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Mahasiswa KKN FAIPG UNIDA Dukung Promosi UMKM di Desa Pasir Jaya Melalui Program Peningkatan Branding untuk Tumbuhkan Ekonomi Lokal

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) Universitas Djuanda (UNIDA) melaksanakan program kerja inovatif untuk mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Program ini berfokus pada pembuatan dan pemasangan banner promosi untuk meningkatkan visibilitas dan daya saing UMKM lokal.

Kegiatan ini terdiri dari beberapa tahap penting, antara lain perancangan desain banner yang memuat informasi produk, nama UMKM, kontak, dan alamat. Hal ini terlebih dahulu berdiskusi dengan para pelaku UMKM agar memastikan relevansi dan akurasi informasi yang akan ditampilkan pada banner. Setelah itu, kelompok KKN FAIPG UNIDA mencetak dan memasang banner pada masing-masing tempat produk UMKM.

Perwakilan kelompok KKN FAIPG UNIDA di Desa Pasir Jaya mengatakan bahwa program ini melibatkan berbagai UMKM milik warga sekitar Desa Pasir Jaya, yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi usaha-usaha kecil untuk mendapatkan eksposur yang lebih luas.

"Kami berharap melalui program ini, kami dapat berkontribusi dalam meningkatkan branding dan promosi UMKM di Desa Pasir Jaya. Dengan adanya inisiatif ini, diharapkan UMKM di Desa Pasir Jaya dapat meningkatkan visibility mereka, menarik lebih banyak pelanggan, dan pada akhirnya mendorong pertumbuhan ekonomi lokal," ujarnya.