humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Mahasiswa KKN FAIPG UNIDA Latih Warga Desa Cibentang Menanam Sayur Hortikultura di Pekarangan Rumah

Mahasiswa Kelompok 20 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) Universitas Djuanda (UNIDA) selenggarakan “Pelatihan Menanam Sayur Hortikultura di Pekarangan Rumah” di Aula Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Ketua Kelompok 20 KKN FAIPG UNIDA, Ravi Raya Hidayat menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam sayur-sayuran Hortikultura dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam menanam sayuran di lahan yang terbatas.

Ravi Raya Hidayat berharap kegiatan ini peserta dapat melaksanakan gaya hidup sehat dengan mengonsumsi sayuran hasil panen sendiri, mampu mengurangi pengeluaran rumah tangga, menyediakan sumber pangan sehat dan berkelanjutan bagi keluarga, dan menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan sehat.

Sementara itu, Kamal selaku Petani Hortikultura, menuturkan bahwa para peserta akan mempelajari teknis dasar memilih sayuran yang cocok ditanam di pekarangan rumah, media tanam efisien, tips perawatan tanaman serta cara membuat pupuk organik dan menangani hama tanpa menggunakan bahan kimia.