humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Mahasiswa KKN FAIPG UNIDA Lestarikan Tradisi di Desa Gunungguruh Sukabumi Melalui Pembuatan Seni Kriya Gerabah

Mahasiswa Kelompok 16 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) Universitas Djuanda (UNIDA) menggelar kegiatan Pembuatan Seni Kriya Gerabah pada Minggu, 4 Agustus 2024 di Bazari Poteri Art Desa Gunungguruh, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Kegiatan pembuatan seni kriya gerabah bertujuan untuk melestarikan tradisi ini dan meningkatkan keterampilan warga dalam seni kriya gerabah. Melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat mengembangkan kreativitas dan keterampilan, serta mengekspresikan ide dan emosi melalui karya seni yang dihasilkan. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas seni grabah di Desa Gunungguruh.

Kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang untuk menyalurkan kreativitas warga, tetapi juga sebagai upaya bersama dalam melestarikan salah satu warisan budaya yang berharga. Melalui kegiatan ini, tidak hanya belajar tentang teknik dan keterampilan membuat gerabah, tetapi juga memahami nilai-nilai tradisi dan seni yang terkandung di dalamnya.

Semoga dengan mengikuti kegiatan ini, kita dapat memperkuat rasa cinta terhadap budaya lokal, mengembangkan potensi kreatif, serta turut berkontribusi dalam melestarikan warisan budaya bagi generasi yang akan datang serta meningkatkan perekonomian dalam bidang gerabah,” ungkap salah satu mahasiswa anggota Kelompok 16 KKN FAIPG UNIDA.