humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Mahasiswa KKN FAPERTA UNIDA Gelar Penyuluhan di Desa Tangkil, Dorong Masyarakat Implementasikan GAP Terpadu untuk Pertanian dan Peternakan Berkelanjutan

Mahasiswa Kelompok 4 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Djuanda (UNIDA) di Desa Tangkil, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, menyelenggarakan kegiatan penyuluhan pertanian dan peternakan dengan tema "Good Agriculture Practice Terpadu: Mewujudkan Keseimbangan Ekosistem dalam Pertanian dan Peternakan". Acara ini berlangsung di lahan pertanian Kelompok Tani Maju 4, Kampung Loji, Desa Tangkil, pada Rabu, 21 Agustus 2024.

Penyuluhan ini menghadirkan tiga narasumber ahli dari FAPERTA UNIDA, yaitu Dr. Ir. Arifah Rahayu, M.Si, Ir. Jatmiko, M.Si, dan Arti Yoesdiarti, S.P., M.M. Para narasumber membahas berbagai topik penting, termasuk permasalahan pertanian dan peternakan di Kampung Loji, keterkaitan pakan dengan kesehatan ternak, teknik breeding, serta pemasaran produk pertanian dan peternakan.

Acara ini juga diisi dengan pengenalan tentang ular dan penanganan gigitan ular oleh Muhammad Saifullah, mahasiswa Program Studi Peternakan FAPERTA UNIDA.

Syaima Lailatul, S.P, M.Si, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dalam kesempatan ini menyampaikan bahwa pentingnya hubungan sosial antara mahasiswa KKN dengan masyarakat setempat. Ia menuturkan, hadirnya mahasiswa KKN di tengah masyarakat diharapkan dapat ikut serta membantu dan berpartisipasi aktif mengatasi setiap permasalahan yang terjadi.

Adapun terkait kegiatan ini, Syaima Lailatul, S.P, M.Si mengatakan bahwa penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Good Agriculture Practice (GAP) Terpadu, mendorong praktik pertanian dan peternakan berkelanjutan, serta meningkatkan kesejahteraan petani dan peternak.

“Mudah-mudahan penyuluhan ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pertanian dan peternakan, mendorong penerapan teknik-teknik yang telah diajarkan, serta meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan praktik pertanian dan peternakan yang berkelanjutan,” tuturnya.

Sementara itu, Deudeu Santi Hotimah, S.P, Ketua Penyuluh Desa Tangkil, memberikan gambaran tentang latar belakang kelompok tani di Kampung Loji. Ia juga menyampaikan apresiasi dan respon positif atas inisiasi mahasiswa KKN FAPERTA UNIDA yang melaksanakan pengabdian di Desa Tangkil.