humas@unida.ac.id 0251-8240773
Berita

Mahasiswa KKN FEB UNIDA Adakan Workshop Digital Marketing, Dorong Inovasi UMKM Lokal di Desa Pasirdoton

Kelompok 5 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Djuanda (UNIDA) menyelenggarakan Workshop Digital Marketing bertema "Developing MSMEs Local Product Innovation through Digital Marketing Transformation" di Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (8/8/2024).

Workshop ini bertujuan mengembangkan potensi UMKM di Desa Pasirdoton dan mentransfer pengetahuan tentang pentingnya inovasi produk lokal untuk meningkatkan kualitas dan penjualan. Kegiatan diisi oleh Tim KKN Kelompok 4 FEB UNIDA dan Tasya Nur Ihya, owner muda berbakat Kuliner Bondol.

Eva Listiyana, Ketua Pelaksana, menyampaikan terima kasih kepada pimpinan Kecamatan Cidahu dan Desa Pasirdoton atas dukungannya. Diharapkan kegiatan ini dapat membawa manfaat signifikan bagi peningkatan kualitas UMKM di Desa Pasirdoton, mendorong inovasi produk lokal, dan memperluas jangkauan pemasaran melalui transformasi digital.

Camat Cidahu, H. Tamtam Alamsyah, hadir memberikan gambaran umum wilayah dan menekankan pentingnya UMKM sebagai pondasi perekonomian masa depan. Sementara itu, Kepala Desa Pasirdoton, Baesuni, memaparkan profil desa dan perkembangan terkini UMKM setempat.

Awa, S.Sos., MM, selaku keynote speaker dan Dosen Pendamping Lapangan (DPL), menekankan pentingnya adaptasi teknologi digital dalam pemasaran.

“Para pelaku UMKM baiknya memiliki P-IRT, sertifikasi Halal, NIB, ijin Dinkes, dan BPOM dalam upaya meningkatkan persaingan dengan merek-merek yang sudah dikenal. Hal tersebut menjadi gambaran umum kepada para pelaku UMKM bahwa kualitas dari produk mempengaruhi kepercayaan konsumen,” ungkapnya.

Kemudian, M. Fajar Fadillah, sebagai pemateri, menyoroti pentingnya identitas usaha digital dan membimbing peserta dalam mendesain logo dan banner menggunakan aplikasi Canva. Pemateri lainnya, Tasya Nur Ihya berbagi pengalaman memasarkan produknya hingga ke luar negeri seperti Dubai, Taiwan, Malaysia, Jepang, dan Turki.