humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Mahasiswa KKN FIPHAL UNIDA Dampingi UMKM Desa Pasir Jaya Legalitas Perizinan dan Pembuatan Merek Usaha

Mahasiswa Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) Universitas Djuanda (UNIDA) yang tergabung dalam Kelompok 8 Kuliah Kerja Nyata (KKN) adakan kegiatan Pemberdayaan Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM) dengan pendampingan pembuatan b Nomor Izin Berusaha (NIB) di Desa Pasir Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor pada ulan Juli-Agustus 2024.

Pemberdayaan UMKM lokal di Desa Pasir Jaya bertujuan untuk meningkatkan kualitas UMKM dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya legalitas serta perizinan usaha untuk pengembangan UMKM.

Kegiatan ini berawal dari survei bahwa masih banyak UMKM di Desa Pasir Jaya yang tidak memiliki NIB yang sangat penting untuk perlindungan hukum dan pengembangan UMKM, sehingga kegiatan KKN Kelompok 8 berfokus pada pemberdayaan UMKM yang diharapkan dapat berdampak positif pada peningkatan ekonomi di Desa Pasir Jaya.

Selain pembuatan NIB, Kelompok 8 KKN FIPHAL UNIDA juga melakukan pendampingan untuk branding UMKM, seperti pembuatan merek hingga label pada produk UMKM untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan para pelaku UMKM di Desa Pasir Jaya.