humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Mahasiswa KKN FISIP UNIDA Sosialisasikan Pencegahan Stunting dari Perspektif Psikologis Ibu

Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) Kelompok 3 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Tugu Selatan mengadakan sosialisasi pencegahan stunting dengan fokus pada aspek psikologis ibu. Acara bertajuk "Pengaruh Psikologis Ibu Terhadap Tumbuh Kembang Anak Untuk Mencegah Stunting" diselenggarakan pada Senin (5/8/2024) di PAUD Flamboyan, Kampung Baru Karamat.

 

Gladys Marshanda, penanggung jawab program, menekankan pentingnya pendekatan psikologis dalam pencegahan stunting. Ia mengatakan bahwa dukungan emosional dan pengetahuan tentang gizi bagi ibu sangat penting untuk memastikan anak mendapat nutrisi yang cukup.

 

"Pencegahan stunting anak itu penting, salah satunya bisa diatasi melalui psikologi sang ibu. Karena kalau ibunya mendapatkan dukungan emosional dan pengetahuan tentang pentingnya gizi untuk anak, bisa dipastikan anak akan mendapat nutrisi yang cukup untuk tumbuh optimal," jelasnya.

 

Dr. Desi Hasbiyah, M.I.Kom, Dosen Sains Komunikasi FISIP UNIDA, hadir sebagai pemateri. Ia menyoroti peran vital ibu dalam tumbuh kembang anak. . Oleh karenanya, penting sekali memprioritaskan kesehatan mental dan fisik sang ibu.

 

"Ibu itu jantungnya rumah, jantungnya anak, dan jantungnya suami. Makanya, penting untuk memerhatikan kesehatan mental dan fisik Ibu. Karena kalau ibunya nggak bahagia, anak pun juga nggak bisa tumbuh menjadi anak yang sehat dan bahagia," jelasnya.

 

Sosialisasi ini menarik perhatian peserta karena membahas aspek yang jarang diangkat dalam pencegahan stunting. Lina, guru PAUD Flamboyan, mengaku merasa terbantu sekali dengan adanya bahasan tentang psikologi ibu dalam langkah pencegahan stunting.

 

"Selama ini cuma tahunya kalau stunting itu tentang makanan buat anaknya, kan. Ternyata, memang psikis si ibu sendiri itu juga sama pentingnya dengan merhatiin asupan gizi anak," ucapnya.

 

Acara dihadiri oleh sekitar 20 peserta, terdiri dari ibu-ibu dengan anak, ibu hamil, dan perempuan muda. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mahasiswa FISIP UNIDA dalam mendukung program pemerintah mengatasi stunting melalui pendekatan yang komprehensif.