humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Mahasiswa KKN FISIP UNIDA Tumbuhkan Minat Belajar Anak-anak Melalui Program GERCEF

Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) dari Kelompok 7 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Desa Jogjogan mengajak anak-anak di Kampung Pasir Panjang untuk menumbuhkan semangat membaca, menulis serta membuat prakarya bersama dengan menggelar program Gerakan Cerdas dan Kreatif (GERCEF) di Posko KKN Kelompok 7 Kp. Pasir Panjang pada hari Sabtu, 3 Agustus 2024.

Muthia yang merupakan salah satu mahaswa kelompok KKN di Desa Jogjogan yang menyatakan bahwa ide kegiatan ini hadir karena melihat situasi lingkungan yang tidak terlalu mendukung aktivitas belajar anak-anak khususnya dalam hal membaca dan menuli sehingga dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memunculkan motivasi anak-anak untuk belajar membaca dan menulis yang diselingkan dengan kegiatan prakarya guna mengasah pola pikir anak menjadi kreatif.

“Kami ingin menanamkan pola pikir anak-anak mengenai pentingnya belajar terutama membaca dan menulis dengan menggelar kegiatan belajar sambil bermain yang kreatif dan dapat mengasah pola pikir mereka, tapi tetap memberikan bagian pembelajarannya juga,” ungkapnya.

Sementara itu, Bilqis selaku salah satu peserta yang merupakan siswi SDN Jogjogan 2 menyampaikan rasa senang dan terima kasihnya karena KKN FISIP UNIDA di Desa Jogjogan sudah menyelenggarakan kegiatan GERCEF.

“Aku sangat senang di sesi membaca tadi, apalagi menulis sambil menggambar, jadinya aku gak terlalu bosan buat menulis dan membaca. Tapi, aku lebih senang dalam sesi prakarya karena bisa bikin bunga dari kertas origami,” tuturnya.