humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Mahasiswa KKN UNIDA Sosialisasikan Perbankan Syariah untuk Generasi Muda Cerdas Finansial di Desa Ciburayut

Mahasiswa Kelompok 9 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) Universitas Djuanda (UNIDA) mengadakan sosialisasi perbankan syariah dan literasi menabung di Desa Ciburayut, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor. Kegiatan bertema "Literasi Tabungan Syariah Untuk Membangun Karakter Cerdas dalam Mengelola Keuangan pada Siswa Sekolah Menengah Atas" ini diselenggarakan pada Selasa, 6 Agustus 2024.

Bertempat di Aula Madrasah Aliyah Ar-Rifa'iah Kampung Citiis, acara ini dihadiri oleh 70 siswa kelas 12, beberapa guru pendamping, dan mahasiswa KKN. Materi disampaikan oleh dua mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah FAIPG UNIDA, Fatimah Wardatul Jannah dan Dhea Safitri. Adapun kegiatan ini bertujuan mendorong siswa untuk mulai menabung, terutama dengan tabungan syariah, guna mencapai cita-cita mereka di masa depan.

Fatimah Wardatul Jannah, dalam pemaparannya menekankan pentingnya program literasi dan pendidikan keuangan bagi pelajar, terutama siswa kelas 12, sebagai bekal masa depan.

"Literasi keuangan, khususnya menabung, adalah keterampilan penting tidak hanya bagi orang dewasa, tetapi juga pelajar dan mahasiswa," ujarnya.

Mahasiswa Kelompok 9 KKN FAIPG UNIDA berharap sosialisasi ini dapat memberikan pemahaman kepada siswa MA Ar-Rifa'iah tentang pentingnya mempersiapkan tabungan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dengan membuka rekening tabungan di bank syariah untuk mengelola keuangan secara terstruktur.