humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Mahasiswa PkM FEB UNIDA Adakan Workshop Pengolahan Nugget Lele untuk Pencegahan Stunting di Desa Warnajati Sukabumi

Kelompok 3 Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Djuanda (UNIDA) menggelar workshop bertajuk "Pemberdayaan Masyarakat Mandiri: Pengolahan Nugget Lele (Nugle) Untuk Upaya Pencegahan Stunting" di Aula Kantor Desa Warnajati, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, pada Rabu, 14 Agustus 2024.

Workshop yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Chandra Ayu Pramestidewi, S.Pt., MM ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pelatihan cara pengolahan nugget lele sebagai upaya pencegahan stunting. Acara mendapat dukungan penuh dari Kepala Desa Warnajati dan perangkat desa, serta dihadiri oleh Pengurus Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Desa Warnajati.

Tedjan Rizky Ridho, Ketua Kelompok 3 PkM FEB UNIDA, memaparkan inovasi produk dari sumber daya alam lokal berupa ikan lele yang diolah menjadi nugget lele (nugle). Dalam presentasinya, ia menjelaskan secara rinci proses produksi dan strategi pemasaran produk tersebut. Inisiatif ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Desa Warnajati, baik dari segi kesehatan maupun ekonomi dengan memanfaatkan potensi lokal dan mentransformasi ikan lele menjadi produk bernilai tambah.

"Workshop ini merupakan kegiatan inovasi produk berupa nugget lele untuk meningkatkan asupan protein dan nutrisi guna mencegah stunting. Kegiatan ini juga bertujuan mendukung ekonomi lokal dengan mendorong produksi ikan lele dan pengembangan UMKM di bidang makanan," ujar Ridho.