humas@unida.ac.id 0251-8240773
Pengabdian Masyarakat

Mahasiswa PKM FEB UNIDA Latih dan Kembangkan Strategi Pemasaran Digital UMKM Desa Warnajati untuk Tingkatkan Penjualan

Dalam rangka meningkatkan penjualan UMKM dan pengembangan pemasaran digital, Kelompok 3 Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Djuanda (UNIDA) dengan Dosen Pembimbing Lapang (DPL) Chandra Ayu Pramestidewi, S.Pt., MM telah sukses menggelar seminar bertajuk “Pelatihan dan Pengembangan Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM” pada Sabtu (10/07/2024) di Aula Kantor Desa Warnajati, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. 

Seminar ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pengetahuan tentang pentingnya pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan UMKM. Acara yang dihadiri oleh para pelaku UMKM dari berbagai sektor usaha di Desa Warnajati ini diberi dukungan penuh oleh Kepala Desa Warnajati dan perangkat desa serta tokoh masyarakat UMKM lainnya.

Ketua Kelompok 3 PKM FEB UNIDA, M. Tedjan Rizki Ridho dalam sambutannya menyampaikan pelatihan dan pendampingan pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan UMKM.

"Seminar ini bertujuan untuk membantu UMKM Desa Warnajati dalam meningkatkan penjualan UMKM yaitu dengan strategi pemasaran digital. Saatnya UMKM Desa Warnajati naik kelas," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Chandra Ayu Pramestidewi selaku DPL dalam sambutannya menyampaikan apresiasi penuh atas kegiatan seminar dari mahasiswa FEB UNIDA.

"Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan penjualan UMKM dan membantu permasalahan UMKM dengan pemasaran digital. Semoga acara seminar ini, bermanfaat untuk berkembangnya UMKM di Desa Warnajati," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Desa Warnajati, Hilmi Nurhikmat, menekankan pentingnya UMKM mengikuti perkembangan pemasaran digital.

"Seminar ini sangat bermanfaat dimana kegiatan diskusi ini akan menghasilkan sebuah kebijakan untuk ke depan dalam rangka membantu permasalahan UMKM. Jalan terus berubah dan harus mengikuti perkembangan perdagangan ekonomi di Indonesia,” ungkapnya.

Adapun narasumber yang dihadirkan untuk mengisi materi ialah Gilang Pratama Mulya mahasiswa Kelompok 3 PKM FEB UNIDA yang telah berpengalaman di bidang pemasaran digital. Ia memaparkan materi yang informatif dan inspiratif tentang pemasaran digital untuk meningkatkan penjualan UMKM.

"Kami berharap setelah para peserta mendapat pengetahuan tentang pemasaran digital, lalu diterapkan untuk produk mereka, dapat membantu meningkatkan penjualan produk UMKM di Desa Warnajati," ujarnya.

Para peserta seminar, termasuk Tono Hartomo, pengusaha UMKM cilok menyampaikan bahwa seminar ini sangat bermanfaat dalam membantu UMKM melalui pemasaran digital.