humas@unida.ac.id 0251-8240773
Informasi

Mahasiswa UNIDA Selesai Ikuti Program KKNT Nusantara 2024, Beri Dampak Kontribusi Sosial dalam Pembangunan Masyarakat Pekon Kota Agung Lampung

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV menyelenggarakan acara pelepasan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Nusantara 2024 di Pekon Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung, pada Jumat, 27 September 2024. Acara ini menandai berakhirnya program yang bertujuan memberdayakan masyarakat setempat melalui kontribusi langsung para mahasiswa dari berbagai universitas.

Dua mahasiswa Universitas Djuanda (UNIDA) yang ikut serta dalam program KKNT Nusantara 2024 menyampaikan kesan dan pengalamannya selama menjalani program tersebut.

Nafhan Maulana Ashary, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) UNIDA mengungkapkan bahwa kegiatan KKNT Nusantara ini memberikan banyak pengalaman dan wawasan baru yang berharga bagi dirinya.

“Program ini memberikan saya kesempatan untuk belajar tentang dinamika sosial dan budaya di lapangan. Tentu pengalaman ini tidak hanya memperluas wawasan, tetapi juga membentuk karakter dan kepemimpinan saya,” ujarnya.

Senada dengan Nafhan, Irpan Saputra, mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) UNIDA menuturkan bahwa masyarakat Pekon Kota Agung sangat antusias dalam mengukuti setiap rangkaian kegiatan yang dilaksanakan.

"Masyarakat sangat antusias dan aktif terlibat, sehingga terjalin hubungan yang baik antara mahasiswa dan warga," tuturnya.

Sementara itu, Aminullah, S.T.P., M.T.P selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) berharap program KKNT Nusantara ini dapat berlanjut di masa mendatang untuk memperkuat sinergi antara akademisi dan masyarakat, serta memberikan dampak yang lebih besar dan berkelanjutan.

“Kami berharap kegiatan KKNT Nusantara dapat berlanjut, sehingga lebih banyak mahasiswa dapat berkontribusi dalam pemberdayaan masyarakat. Kami juga berharap agar sinergi antara akademisi dan masyarakat semakin kuat, sehingga program-program yang dilakukan dapat memberikan dampak yang lebih besar dan berkelanjutan,” ungkapnya.

“Selain itu, kami berharap adanya tindak lanjut dari kegiatan yang telah dilakukan, seperti pelatihan lanjutan dan pengembangan proyek yang telah dimulai. Mudah-mudahan pengalaman ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat, serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kontribusi sosial dalam pembangunan,” lanjut dosen Fakultas Ilmu Pangan Halal (FIPHAL) UNIDA tersebut.

Dalam kesempatan ini, Aminullah, S.T.P., M.T.P juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan melancarkan setiap rangkaian kegiatan program KKNT Nusantara 2024.

“Kami ucapkan terima kasih kepada LLDIKTI Wilayah IV yang telah mengisiasi program ini, serta khususnya seluruh pihak yang telah menyambut kedatangan dan menerima kami dengan sangat baik di Pekon Kota Agung, semoga silaturahmi antara mahasiswa dan masyarakat Kota Agung bisa terus berlanjut,” pungkasnya.

Turut hadir memberikan sambutan, Kepala Pekon Kota Agung, Neneng Rohani, S.E, menyampaikan kebanggaannya atas dedikasi dan komitmen para mahasiswa selama program berlangsung.

"Kegiatan yang dilakukan tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat, tetapi juga memberi pengalaman berharga bagi kalian sebagai calon pemimpin masa depan," ujarnya pada saat melepas mahasiswa program KKNT Nusantara di Pekon Kota Agung.