humas@unida.ac.id 0251-8240773
Prestasi

Mahasiswa UNIDA Sumbang Medali Perak untuk Jawa Barat di PON XXI Aceh-Sumut 2024

Muhamad Ridwan, Mahasiswa Program Studi Sains Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Djuanda (UNIDA) yang ikut serta dalam Kontingen Jawa Barat pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, berhasil menorehkan prestasi membanggakan. Ia meraih Medali Perak pada cabang olahraga Tarung Derajat.

"Alhamdulillah, saya merasa senang atas pencapaian ini, meski ada sedikit rasa sedih karena tidak bisa membawa pulang medali emas untuk Jawa Barat," ungkap Ridwan saat diwawancarai Tim Humas UNIDA, Kamis (19/9/2024).

Perjalanan Ridwan menuju PON XXI tidaklah mudah. Ia harus melalui serangkaian seleksi ketat, mulai dari BK-PORDA, PORDA, hingga seleksi BK-PON dengan proses seleksi sangat kompetitif mengingat banyaknya anggota Tarung Derajat di Jawa Barat.

Dalam persiapannya, Ridwan mendapat dukungan luas dari berbagai pihak, termasuk orang tua, keluarga, para pelatih, hingga rekan-rekannya di Tarung Derajat. Pengalaman paling berkesan baginya adalah saat mengikuti pemusatan latihan bersama tim Jawa Barat selama 8 bulan di Jalak Harupat.

"Kami seperti keluarga," kenangnya.

Ke depan, Ridwan berencana untuk terus mengikuti kompetisi lain dan mengembangkan Tarung Derajat di UNIDA. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada teman-teman Tarung Derajat di UNIDA atas doa dan dukungannya. Secara khusus, ia berterima kasih kepada Wakil Rektor I UNIDA, Aal Lukmanul Hakim S.H., M.H selaku pembimbing non-akademisnya.

"Pencapaian Muhamad Ridwan ini membanggakan bagi UNIDA dan Jawa Barat. Ini menunjukkan bahwa mahasiswa kami tidak hanya unggul di bidang akademik, tetapi juga mampu berprestasi di tingkat nasional dalam bidang olahraga," ujar Aal Lukmanul Hakim S.H.M.H.

Sebagai informasi, selain Muhamad Ridwan, mahasiswa UNIDA lainnya yang berhasil meraih prestasi dalam PON XXI Aceh-Sumut 2024 ini ialah Huggies Yustisio, mahasiswa Program Studi Hukum Fakultas Hukum (FH) yang mendapat 2 Medali Emas pada cabang olahraga karate. Huggies, yang juga tergabung dalam Kontingen Jawa Barat meraih juara 1 Kelas individu +84kg Putra, dan juara 1 Kumite Team Senior Putra.