humas@unida.ac.id 0251-8240773
Ketauhidan

Majelis Tasbih UNIDA: Hikmah Keberagaman dalam Kehidupan

Badan Pengkajian dan Penerapan Tauhid (BPPT) Universitas Djuanda (UNIDA) kembali menyelenggarakan kegiatan rutin mingguan Majelis Tasbih pada Jumat (16/08/2024) di Majelis Baitul Hamdi (MBH) UNIDA. Dalam kesempatan ini, Dr. Ir. Setyono, M.Si, Dekan Fakultas Pertanian (FAPERTA) UNIDA menyampaikan materi berjudul "Hikmah Keberagaman dalam Kehidupan."

Dr. Setyono menjelaskan bahwa keberagaman tidak hanya terdapat pada manusia, tetapi juga pada tanaman dan binatang. Beliau menekankan bahwa keberagaman memiliki sifat saling melengkapi, bukan bertentangan atau saling melawan.

"Allah telah memberitahukan kita tentang keberagaman bahwa di dunia ini manusia dan makhluk hidup lainnya itu bervariasi," ujar Dr. Setyono, mengutip Al-Qur'an Surah Al-Hujurat ayat 13.

Lebih lanjut, Dr. Setyono memaparkan bahwa kesempatan manusia untuk meningkatkan derajat ketakwaan itu sama, dengan merujuk pada Surah Al-Baqarah ayat 3-4. Beliau juga menekankan bahwa kemuliaan manusia tidak terletak pada warna kulit, tinggi badan, jabatan, atau atribut fisik lainnya.

"Berbeda dengan tanaman seperti bunga yang indah rupanya atau memiliki manfaat lainnya, kemuliaan manusia terletak pada ketakwaannya kepada Allah," tambah Dr. Setyono.

Pemaparan lengkap mengenai bahasan "Hikmah Keberagaman dalam Kehidupan" oleh Dr. Ir. Setyono, M.Si. dapat disaksikan kembali melalui kanal YouTube UNIDA TV atau melalui tautan berikut: https://www.youtube.com/watch?v=JsogFHTLQM8