humas@unida.ac.id 0251-8240773
Ketauhidan

Majelis Tasbih UNIDA: Mengupas Konsep Ulul Albab dalam Surah Ali Imran

Badan Pengkajian dan Penerapan Tauhid (BPPT) Universitas Djuanda (UNIDA) kembali menyelenggarakan kegiatan rutin mingguan Majelis Tasbih pada Jumat (23/08/2024) di Majelis Baitul Hamdi (MBH) UNIDA. Dalam acara tersebut, Fachrur Razi Amir, S.Ag., M.Ag, dosen Fakultas Agama Islam dan Pendidikan Guru (FAIPG) UNIDA, menyampaikan materi berjudul "Ulul Albab dari Perspektif Qur'an Surah Ali Imran Ayat 190-194".

Dalam pemaparannya, Fachrur Razi Amir, S.Ag., M.Ag menjelaskan konsep Ulul Albab atau "orang-orang yang berakal" sebagaimana dijelaskan dalam Surah Ali Imran. Beliau menekankan bahwa Ulul Albab merujuk pada orang-orang yang menggunakan akalnya untuk merenungkan fenomena alam dan penciptaan, sambil senantiasa mengingat Allah dalam berbagai keadaan.

Fachrur Razi Amir, S.Ag., M.Ag juga menyoroti pentingnya mempelajari dan menghafalkan Surah Ali Imran, mengutip sebuah hadits yang menyebutkan keutamaan surah ini bersama dengan Surah Al-Baqarah. Kedua surah ini disebut sebagai "Al-Zahrawan" atau dua surah yang bercahaya, yang akan memberikan naungan kepada pembacanya di hari kiamat.

"Ulul Albab bagi orang yang beriman adalah sebutan bagi orang-orang yang mempergunakan akalnya untuk merenungkan fenomena yang nyata atau empiris," tegasnya.

Simak kembali pemaparan Fachrur Razi Amir, S.Ag., M.Ag lengkap mengenai "Ulul Albab Perspektif Surah Ali Imran (190-194)" melalui kanal YouTube UNIDA TV atau klik tautan: https://www.youtube.com/watch?v=BaF4K9QlkfM