humas@unida.ac.id 0251-8240773
Ketauhidan

Majelis Tasbih UNIDA: Menuju UNIDA Unggul dengan Akhlaqkul Karimah

Kegiatan rutin ketauhidan Majelis Tasbih yang diselenggarakan oleh Universitas Djuanda (UNIDA) melalui Badan Pengkajian dan Penerapan Tauhid (BPPT) kembali diadakan di Majelis Baitul Quran (MBQ) pada Jumat, 27 September 2024. Majelis Tasbih kali ini diisi oleh Chancellor UNIDA, Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H yang menyampaikan materi berjudul “Manajemen Al-Akhlaq Al-Karimah”.

Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H. dalam pemaparan kajiannya menyampaikan mengenai 21 Nilai Karakter Tauhid yang menjadi basis dalam pengembangan keilmuan, manajamen SDM, kebangsaan dan wawasan Internasional di UNIDA dan setiap insan UNIDA diharuskan dapat mengamalkan dan mengimplementasikannya. 21 NKT di UNIDA terbagi menjadi beberapa bagian yaitu Local Wisdom, National Wisdom, Internastional Wisdom dan Spiritual Wisdom untuk mencapai Akhlakul Karimah.

Rasulullah SAW diutus ke muka bumi untuk memperbaiki akhlak manusia. Kedudukan adab di atas ilmu, ketika berilmu dan beradab maka ia masuk dalam Multiplier Effect atau pahala yang tidak terputus, seperti dalam Hadits Rasulullah SAW dari Abu Hurairah R.A yang diriwayatkan oleh Muslim berbunyi terputuslah amal darinya, kecuali tiga perkara yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak saleh yang selalu mendoakannya.

Akhlak menjadi hal yang penting untuk umat muslim dan momen seorang muslim dapat dikatakan menang ialah ketika seorang muslim dapat beriman dengan khusuk dalam shalatnya dan mereka yang menjauhkan diri dari perbuatan dan perkara yang sia-sia seperti dalam Al-Quran surat Al-Muminun 1- 11,” ungkapnya.

Pemaparan lebih lanjut mengenai “Manajemen Al-Akhlaq Al-Karimah” yang disampaikan oleh Prof. Dr. H. Martin Roestamy, S.H., M.H., ini dapat disimak kembali secara online melalui kanal YouTube UNIDA TV atau klik langsung tautan berikut: 

https://www.youtube.com/watch?v=bRlsFL7EKa